HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Kenali 5 Manfaat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

Moms Wajib Tahu! Kenali 5 Manfaat Berpuasa Untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Selama bulan Ramadan, Ibu hamil mungkin memilih untuk tidak berpuasa agar kesehatan dirinya dan janin di kandungan tetap terjaga.

Padahal pada kenyataannya, tidak ada larangan bagi ibu hamil jika ingin berpuasa di bulan Ramadan selama kesehatan ibu dan kandungannya aman dan sehat.

Puasa sendiri sebetulnya hanyalah menggeser waktu makan, yakni sarapan menjadi sahur, makan siang menjadi berbuka, dan makan malam menjadi sesudah salat Tarawih.

Dengan tetap memperhatikan asupan nutrisi yang masuk, puasa justru akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janin. 

Baca Juga: Inilah 4 Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi Jika Ibu Hamil Berpuasa

Dilansir dari Web MD dan Pregnant Education, berikut ini manfaat berpuasa untuk ibu hamil, antara lain sebagai berikut: 

1. Mencegah kolesterol tinggi

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang pertama adalah bisa mencegah kolesterol tinggi pada. Kolesterol tinggi merupakan salah satu pintu masuk bagi berbagai macam penyakit kronis.

Beberapa penyakit kronis yang bisa menyerang, antara lain jantung koroner, diabetes, hipertensi, dan banyak lagi.

Tentu saja penyakit-penyakit tersebut sangatlah mengganggu kesehatan janin dalam kandungan dan bisa diantisipasi dengan berpuasa.

2. Membantu pembakaran lemak tubuh

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang kedua adalah membantu pembakaran lemak tubuh. Lemak yang berlebihan akan memberikan dampak buruk, seperti menyebabkan obesitas.

Jika ibu hamil mengalami obesitas, dikhawatirkan akan menghambat proses kelahiran. 

3. Membantu detoksifikasi tubuh

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang ketiga adalah membantu detoksifikasi tubuh. Puasa juga sangat berguna untuk membuang racun atau detoksifikasi tubuh.

Saat tubuh tidak diberi asupan makanan selama beberapa waktu, pada saat itulah tubuh berusaha membuang zat-zat yang membahayakan dan tidak berguna bagi ibu hamil.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Alasan Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa

4. Terhindar dari morning sickness

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang keempat adalah terhindar dari morning sickness. Morning Sickness adalah gejala mual-mual sampai muntah pada ibu hamil yang terjadi saat pagi hari.

Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan asam lambung di pagi hari yang menyebabkan Anda merasa ingin muntah.

Saat menjalankan puasa, ibu hamil cenderung akan mengonsumsi makanan secara teratur. Ibu hamil pun akan makan secukupnya, sehingga morning sickness akan terhindar.

5. Membantu mengatur kadar gula darah

Manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang kelima adalah mengatur gula darah. Selama kehamilan ibu harus mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil.

Mengonsumsi gula dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, melakukan puasa menjadi trik ampuh untuk membuat kadar gula darah tetap stabil.

Itulah beberapa manfaat berpuasa untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Pastinya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News