Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Tips Menjaga Imunitas untuk Ibu Hamil

Reporter: Helvana Yulian
Jumat, 30 September 2022 | 09:16 WIB
Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Tips Menjaga Imunitas untuk Ibu Hamil

ILUSTRASI. Tips Menjaga Imunitas untuk Ibu Hamil. dok/Abbott Nutrition Malaysia


MOMSMONEY.ID - Sakit saat hamil pasti menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya, sakit saat hamil membuat ibu memiliki kekhawatiran tambahan tentang kesehatan bayi.

Sistem kekebalan tubuh selama hamil secara alami berkurang untuk mengakomodasi janin. Untungnya, kebanyakan janin tidak akan terpengaruh jika ibunya terkena infeksi selama kehamilan.

Meski begitu, tetap ada saja beberapa infeksi yang dapat ditularkan ke janin. Sayangnya, ibu juga tidak bisa menghindari semua sumber infeksi saat hamil. 

Cara terbaik untuk melindungi diri selama kehamilan adalah dengan menjaga imunitas, mencuci tangan secara teratur, dan berhati-hati dengan apa yang ibu makan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Kacang Tanang untuk Ibu Hamil

Dirangkum dari Pregnant Education dan Mayo Clinic, inilah beberapa tips untuk menjaga imunitas ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit, antara lain:

Minum banyak air

Pastikan ibu tetap terhidrasi dengan baik untuk membantu tubuh berfungsi dengan optimal dan sebagai langkah meningkatkan imunitas tubuh.

Usahakan untuk minum sekitar delapan gelas air sehari dan ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan melawan dehidrasi.

Banyak tidur

Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk membantu mengatur pola tidur.

Kehamilan dapat memengaruhi tidur, seperti bangun beberapa kali dalam semalam atau karena ibu terus berusaha menemukan posisi tidur yang nyaman.

Untuk mengatasinya, gunakan bantal badan untuk membantu ibu memosisikan diri dengan nyaman di tempat tidur. Ibu juga perlu biasakan diri untuk buang air kecil sebelum tidur. 

Baca Juga: Konsumsi Secara Rutin! Inilah Manfaat Alpukat untuk Janin dan Ibu Hamil

Jaga kebersihan

Pastikan untuk sering mencuci tangan dan hindari kontak langsung dengan siapa pun yang sedang sakit.

Penyakit selama kehamilan biasanya tidak memengaruhi bayi, tetapi bisa serius dan menyebabkan komplikasi seperti persalinan prematur. Jika ibu tidak enak badan atau mengalami gejala pilek atau flu, segera hubungi dokter. 

Konsumsi vitamin kehamilan

Selama hamil, ibu akan sangat membutuhkan asam folat, kalsium, dan zat besi tambahan. Cara terbaik mendapatkannya adalah melalui makanan sehat.

Ibu juga harus mengonsumsi vitamin atau suplemen prenatal. Beberapa wanita hamil mungkin memerlukan suplemen untuk mengatasi kekurangan vitamin, seperti zat besi atau B12. 

Inilah beberapa tips cara meningkatkan imunitas pada ibu hamil yang perlu Anda coba agar tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai virus dan penyakit selama kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER