HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Payudara Sering Terasa Nyeri

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Payudara Sering Terasa Nyeri

MOMSMONEY.ID - Payudara nyeri (mastalgia) adalah rasa tidak nyaman, sensitif, atau sakit pada bagian dada maupun di sekitar ketiak. 

Nyeri payudara dapat terjadi pada salah satu ataupun kedua payudara Anda, dikutip dari Healthline. Ketika nyeri pada payudara, Anda bukanlah satu-satunya yang pernah merasakannya. 

Bahkan, rasa sakit ini adalah salah satu keluhan paling banyak yang dirasakan oleh kaum hawa dari semua kelompok umur, mulai dari nyeri yang terjadi secara terus-menerus maupun sesekali saja. 

Baca Juga: Hilangkan Stretch Mark Menggangu dengan 5 Cara Ampuh Ini

Dirangkum dari Healthline dan Everyday Health, ada beberapa penyebab payudara sering terasa nyeri, antara lain:

1. Siklus menstruasi

Penyebab payudara sering terasa nyeri yang pertama adalah siklus menstruasi. Nyeri pada payudara terkait siklus menstruasi biasanya muncul 3 hari sebelum menstruasi. 

Dan biasanya akan membaik setelah menstruasi selesai. Meski demikian, intensitas rasa nyeri yang muncul dapat beragam setiap bulannya. 

2. Infeksi

Penyebab payudara sering terasa nyeri yang kedua adalah adanya infeksi. Infeksi payudara yang paling terkenal adalah mastitis, yakni penyumbatan pada saluran air susu pada ibu menyusui. 

Wanita yang tidak menyusui juga bisa terkena infeksi payudara jika ada bakteri masuk lewat puting yang tengah terluka, lalu terkena kontak dengan kuman tersebut lewat pakaian dalam yang kotor. 

3. Benjolan pada payudara

Penyebab payudara sering terasa nyeri yang ketiga adalah benjolan pada payudara. Benjolan yang bersifat jinak atau bukan kanker dapat muncul di payudara dan memicu rasa nyeri pada payudara.

Salah satu contohnya adalah fibroadenoma yang diduga berkaitan dengan aktivitas hormon estrogen. 

Baca Juga: Inilah Masalah Kesehatan yang Rentan Terjadi pada Wanita

4. Ukuran payudara

Penyebab payudara sering terasa nyeri yang keempat adalah ukuran payudara. Bagi wanita yang memiliki payudara besar, kemungkinan mengalami nyeri payudara pun juga lebih besar.

Selain itu, nyeri di bagian leher, bahu, dan punggung juga bisa menyertai nyeri payudara yang disebabkan oleh ukuran payudara besar.  

5. Faktor nonhormonal

Penyebab payudara sering terasa nyeri yang kelima adalah adanya faktor nonhormonal. Selain hormon, Anda dapat merasakan nyeri pada payudara karena penyebab lain.

Faktor nonhormonal ini biasanya ditandai dengan rasa sakit yang seperti terbakar, kebas, atau dada sesak. 

Rasa nyeri pada payudara juga terjadi terus-menerus di luar siklus menstruasi, hanya memengaruhi salah satu payudara, Anda tidak dalam kondisi hamil, menyusui, dan Anda pun telah melewati masa menopause. 

Jika sakit pada payudara Anda disebabkan oleh hal-hal yang bersifat nonhormonal, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena obat yang harus diminum akan disesuaikan dengan keluhan Anda. 

Dokter akan membantu untuk melakukan pemeriksaan klinis untuk memastikan penyebab sakit di payudara yang Anda rasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News