HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Darah Rendah pada Anak

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Darah Rendah pada Anak

MOMSMONEY.ID - Darah rendah atau hipotensi terjadi ketika tubuh tidak mampu mempertahankan tekanan darah dalam kisaran normal.

Meski begitu, darah normal pada anak bervariasi tergantung usianya. Darah rendah pada anak juga bisa berbeda tergantung pada usia. 

Darah rendah pada anak atau hipotensi bisa menjadi kondisi yang berbahaya jika disertai adanya keluhan pusing dan lelah, lemas, mual atau muntah, pandangan kabur, atau pingsan.

Baca Juga: Begini 5 Cara untuk Mengatasi Biduran pada Anak

Dialnsir dari Health Focus, inilah beberapa penyebab darah rendah pada anak disebabkan oleh berbagai faktor, yaitu:

1. Infeksi berat atau sepsis

Penyebab darah rendah pada anak yang pertama adalah infeksi berat atau sepsis. Sepsis adalah komplikasi berbahaya yang disebabkan oleh penyakit infeksi.

Kondisi ini dapat membuat tekanan darah turun drastis, sehingga menyebabkan kerusakan organ tubuh. Sepsis yang tidak segera tertangani bisa menyebabkan komplikasi.

2. Gangguan jantung

Penyebab darah rendah pada anak yang kedua adalah gangguan jantung. Kondisi ini membuat darah tidak mengalir dengan lancar ke seluruh bagian tubuh.

Gangguan jantung, seperti aritmia, gagal jantung, dan penyakit jantung bawaan, juga bisa menjadi penyebab tekanan darah rendah pada anak.

Akibatnya, organ dan jaringan tubuh akan kekurangan oksigen. Kondisi ini dapat membuat anak lemas, mudah lelah, dan sesak napas.

3. Hipotensi ortostatik

Penyebab darah rendah pada anak yang ketiga adalah hipotensi ortostatik. Jika mengalami kondisi ini, anak akan merasa pusing selama beberapa detik hingga beberapa menit.

Ketika anak melakukan gerakan atau mengubah posisi tubuh, misalnya dari posisi duduk kemudian langsung berdiri atau sebaliknya, tekanan darah dapat turun secara mendadak.

Baca Juga: Kerap Diabaikan, Inilah 5 Tanda Kolesterol Tinggi yang Perlu Anda Ketahui

4. Kondisi udara yang terlalu panas

Penyebab darah rendah pada anak yang keempat adalah kondisi udara yang terlalu panas. Kondisi ini terjadi ketika anak bermain atau berolahraga di luar rumah saat cuaca panas.

Tekanan darah rendah pada anak juga disebabkan oleh udara yang terlalu panas, terutama jika ia berada di lingkungan yang penuh dan sesak.

5. Kurangnya asupan cairan

Penyebab darah rendah pada anak yang kelima adalah kurangnya asupan cairan. Padatnya aktivitas anak sering kali membuatnya lupa untuk minum air.

Kurangnya asupan cairan bisa menyebabkan anak dehidrasi dan memicu penurunan tekanan darah. Dehidrasi juga isebabkan oleh diare, demam, atau muntah terlalu banyak.

Dengan mengetahui penyebab tekanan darah rendah pada anak dan gejalanya, Anda bisa mewaspadai dan mendeteksi kondisi ini secara dini.

Jika anak terlihat sangat lemas, pingsan, mengalami sesak napas, jantung berdebar, kejang, segeralah bawa ke IGD atau dokter anak untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News