HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

Moms Wajib Tahu! Inilah Penyebab Bayi Berkeringat saat Menyusu

MOMSMONEY.ID - Saat menyusui, Ibu dan bayi berada dalam kontak yang dekat. Kulit yang saling menempel sering membuat bayi merasa hangat, sehingga meningkatkan panas tubuh bayi.

Namun, tubuh bayi sebenarnya bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri dengan cara mengeluarkan keringat untuk merangsang proses pendinginan alami. 

Dikutip dari Parenting First Cry, keringat yang keluar dari tubuh bayi saat menyusu dianggap normal. Namun, jika jumlah keringatnya dianggap berlebihan, bisa jadi hal ini disebabkan oleh sejumlah kondisi medis tertentu.

Dilansir dari Healthline dan Parenting First Cry agar tak mudah cemas, berikut beragam masalah bayi saat menyusui yang perlu ibu ketahui.

Baca Juga: Inilah Kandungan Gizi dalam Anggur yang Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan

1. Dekapan erat ibu saat menyusui

Dekapan erat ibu dan kontak kulit ke kulit yang terjadi saat menyusui bayi dipercaya bisa membuat si kecil berkeringat.

Sebab, dekapan erat ini dianggap bisa meningkatkan suhu tubuh bayi saat sedang menyusu dari payudara ibu sehingga memicu keluarnya keringat.

2. Hiperhidrosis idiopatik

Hiperhidrosis idiopatik juga bisa menyebabkan bayi berkeringat saat menyusu. Kondisi medis ini ditandai dengan keringat berlebihan, tapi tidak diketahui apa penyebabnya.

Sebagian besar bayi yang mengidap kondisi ini memiliki jumlah dan ukuran kelenjar keringat yang sama seperti orang yang tidak mengidap hiperhidrosis.

Hanya saja, kelenjar keringatnya lebih aktif karena dinilai ada peningkatkan pada sistem saraf.

3. Gerakan otot rahang bayi

Proses menyusu membutuhkan energi yang cukup besar pada bayi. Pasalnya, gerakan otot rahang untuk mengisap air susu ibu (ASI) dianggap sebagai gerakan olahraga yang bisa membuat bayi mengeluarkan energi ekstra sehingga dapat menimbulkan berkeringat.

Baca Juga: Inilah 5 Penyakit yang Bisa Diketahui Melalui Rontgen Thorax

4. Demam

Ternyata, demam juga bisa menyebabkan kepala bayi berkeringat saat menyusu. Demam yang anak alami dapat menandakan bahwa si kecil sedang mengidap infeksi.

Meski demikian, demam umumnya tidak berbahaya. Yang perlu Anda waspadai adalah infeksi yang menyebabkannya. Setelah mengonsumsi obat-obatan demam, demam yang anak alami dapat menghilang.

Namun, Anda tetap perlu waspada karena infeksi yang jadi penyebabnya mungkin belum teratasi.

5. Posisi menyusui

Salah satu penyebab kepala bayi berkeringat saat menyusu adalah posisi menyusui. Beberapa ibu mungkin menyusui bayi di posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Tak jarang, kondisi ini membuat Anda harus memegang atau menahan kepala si kecil untuk waktu yang cukup lama.

Jadi, apabila bayi berkeringat saat menyusui bukanlah hal yang harus dikhawatirkan. Namun, apabila jumlah keringat yang dikeluarkan cenderung banyak dan disertai gejala lainnya, sebaiknya periksakan ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya.

Baca Juga: Anda Mengalami Syaraf Kejepit? Wajib Hindari 5 Pantangan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News