Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Keputihan

Moms Wajib Tahu! Inilah Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Keputihan

MOMSMONEY.ID - Keputihan adalah kondisi ketika lendir kental atau cairan bening keluar dari vagina.Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan, kelembapan, serta untuk melindungi organ intim wanita dari infeksi.

Jika tidak disertai gejala lain yang aneh dan mengganggu, keputihan adalah hal yang normal. Namun, beberapa kebiasaan dan kondisi tertentu bisa jadi penyebab keputihan yang abnormal.

Dilansir dari Everyday Health, pada beberapa kasus, beberapa kebiasaan ini bisa menyebabkan keputihan dan sangat menggangu, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai, Ini 5 Gejala Kanker Ovarium yang Menyerang Perempuan

Salah pilih celana dalam

Memilih celana dalam yang kurang tepat bisa memicu berbagai masalah, termasuk keputihan. Misalnya, kebiasaan memakai celana dalam yang terlalu ketat.

Hal ini bisa membuat vagina jadi lebih sering berkeringat. Akibatnya, vagina jadi lembap, mengundang bakteri untuk menumpuk dan berkembang biak, yang akhirnya jadi penyebab keputihan.

Tidak membersihkan vagina dengan benar

Salah satu kebiasaan yang menyebabkan keputihan adalah salah cara membersihkan vagina. Tak sedikit orang yang menganggap asal sudah terkena air dan dibasuh sedikit, sudah cukup.

Untuk membersihkan vagina, Anda harus memulainya dari bagian depan menuju ke bagian belakang yaitu ke arah anus. Cara ini akan menghindari masuknya kuman dan bakteri dari bagian belakang ke dalam vagina. 

Tidak menjaga kebersihan saat berhubungan intim

Tidak menjaga kebersihan saat berhubungan intim dengan pasangan juga bisa membuat keputihan semakin parah. Sebab proses perpindahan dan penularan bakteri semakin tinggi dalam kondisi ini. 

Pasangan disarankan untuk selalu menggunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim. Selain itu, selalu jaga kebersihan vagina dengan membersihkannya setiap habis berhubungan intim.

Baca Juga: Kenali Sederet Kelebihan dan Kekurangan Pil KB Sebelum Dikonsumsi

Malas ganti pembalut

Malas mengganti pembalut saat menstruasi juga bisa jadi penyabab keputihan yang banyak dan abnormal. Hal ini karena jumlah bakteri jahat yang ada di sekitar vagina meningkat saat masa menstruasi. 

Membiarkan darah yang memenuhi pembalut dalam waktu lama bisa memicu keputihan. Untuk menghindarinya, gantilah pembalut setiap 4-8 jam sekali saat Anda datang bulan.

Itulah pembahasan mengenai berbagai penyebab keputihan. Mulai dari kebiasaan sehari-hari, hingga kondisi medis tertentu. Jika Anda merasa terganggu dengan keputihan, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News