HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Manfaat jagung untuk ibu hamil tidak perlu diragukan lagi. Tanaman pangan yang kerap digunakan sebagai pengganti nasi ini memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. 

Selama masa kehamilan, setiap ibu hamil dianjurkan mengonsumsi makanan bernutrisi, baik untuk kesehatan ibu maupun perkembangan janin. Salah satu pilihan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan sangat mudah ditemukan adalah jagung. 

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! 5 Makanan untuk Cegah Kanker Payudara

Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah manfaat makan jagung untuk kesehatan ibu hamil. 

1. Mengurangi risiko cacat lahir

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang sangat penting ialah mengurangi risiko cacat lahir. Salah satu penyakit cacat lahir, spina bifida (sumsum tulang belakang gagal berkembang), pun dapat dicegah dengan mengonsumsi jagung saat mengandung. 

Selain asam folat, jagung juga bisa mencegah cacat lahir kerena kandungan zeaxanthin dan asam patogennya. 

2. Membantu perkembangan otak janin

Manfaat jagung tidak hanya menyehatkan fungsi otak sang ibu, tapi juga ampuh dalam membantu perkembangan otak janin. Jagung mengandung nutrisi penting seperti asam folat, fosfor, kalsium, hingga beragam vitamin yang bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.  

3. Menjaga imunitas tubuh janin

Kandungan beta karoten yang dimiliki jagung, dapat membantu tubuh Anda memproduksi vitamin A. Salah satu nutrisi terpenting ini sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan bayi. 

Baca Juga: Meskipun Pahit, Jangan Ragukan Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

4. Meningkatkan kesehatan mata janin

Jagung pun dipercaya ampuh dalam meningkatkan kesehatan mata janin. Sebab, jagung mengandung banyak antioksidan, seperti lutein, yang dianggap mampu menjaga perkembangan mata janin.  

5. Mengatasi rasa mual saat hamil

Makan jagung saat hamil juga bermanfaat untuk membantu mengatasi gejala mual atau morning sickness. Ini karena jagung mengandung tinggi vitamin B kompleks dan folat yang diperlukan selama masa kehamilan. 

Meski manfaat jagung untuk ibu hamil cukup banyak, Bumil tetap harus mengimbangi asupan gizi dengan makanan lainnya agar nutrisi selama masa kehamilan tercukupi.

Selain itu, periksakan kandungan secara rutin ke dokter kandungan agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News