HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Hal yang Harus Dihindari saat Kehamilan

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Hal yang Harus Dihindari saat Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Begitu memasuki masa kehamilan, Anda mungkin mulai mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. 

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan selama kehamilan adalah menghindari segala larangan sejak ibu masih hamil muda.   

Dirangkum dari Pregnant Education dan Health Focus, inilah 5 hal yang harus dihindari saat masa kehamilan, antara lain: 

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Tahu, Ini 5 Faktor Penyebab Bayi Sungsang

1. Jangan merokok

Hal yang harud dihindari saat masa kehamilan pertama adalah jangan merokok. Jika Anda terbiasa merokok sebelum hamil, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini. 

Ketika diisap, zat-zat berbahaya seperti nikotin dan zat aditif lainnya dapat melewati plasenta dan mencapai janin. Akibatnya, lahir prematur dan berat badan lahir rendah bisa saja terjadi.

2. Jangan mengonsumsi makanan mentah

Hal yang harus dihindari saat masa kehamilan kedua adalah jangan mengonsumsi makanan mentah. 

Efek dari konsumsi salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama mulai dari keguguran, bayi yang lahir dalam kondisi cacat, hingga kematian. 

3. Jangan mandi dan berendam di air terlalu panas

Hal yang harus dihindari saat masa kehamilan yang ketiga adalah jangan mandi dan berendam di air terlalu panas. Menurut beberapa studi, kegiatan ini bisa membahayakan janin. 

Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko cacat pada tabung saraf. Semakin lama durasi mandi atau berendam, maka tinggi pula paparan suhu panas yang memperbesar bahaya pada janin.

Baca Juga: 5 Tips untuk Meningkatkan Peluang Hamil Anak Kembar

4. Jangan minum kopi terlalu banyak

Hal yang harus dihindari saat masa kehamilan keempat adalah minum kopi terlalu banyak. Minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran. 

Ini karena kafein dalam kopi dapat melewati plasenta dan memengaruhi perkembangan bayi, termasuk detak jantung yang sedang berkembang. 

5. Jangan membersihkan kotoran hewan

Hal yang harus dihindari saat masa kehamilan terakhir adalah jangan membersihkan kotoran hewan.

Pasalnya, ada banyak parasit dalam kotoran hewan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, seperti Toxoplasma gondii pada kotoran kucing (toxoplasmosis). 

Adapun terkena toxoplasmosis saat hamil muda bisa meningkatkan risiko keguguran, masalah penglihatan, hingga merusak perkembangan otak janin. 

Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat masa kehamilan. Namun, sebaiknya tetap diwaspadai dan dipatuhi. Jangan menunggu sampai Anda memiliki gejala baru menurutinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News