HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Cara Mencegah Obesitas pada Anak

MOMSMONEY.ID - Anak bisa mengalami kelebihan berat badan dan obesitas karena berbagai alasan dan orang tua perlu mengetahuinya.  

Penyebab paling umum yaitu faktor genetik, kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut. 

Meskipun obesitas adalah turunan dalam keluarga, tidak semua anak dengan riwayat keluarga obesitas akan mengalami kelebihan berat badan.   

Tentu saja pencegahan obesitas dimulai sejak usia muda dan sedini mungkin. Penting membantu anak untuk mempertahankan berat badan yang sehat tanpa berfokus pada timbangan.  

Baca Juga: Inilah 5 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Anak

Selain rutin melakukan pemeriksaan pada dokter anak, ibu juga bisa melakukan perawatan di rumah untuk membantu menurunkan berat badan anak yang mengalami obesitas.  

Dilansir dari Kids Health, berikut ini beberapa cara mencegah obesitas pada anak yang perlu diketahui orang tua, antara lain:  

1. Rutin berolahraga

Cara mencegah obesitas pada anak yang pertama adalah ajak anak untuk rutin berolahraga. Lakukan olahraga ringan secara perlahan seperti berenang, jalan kaki, atau berlari. 

Jika anak masih enggan untuk diajak berolahraga, tidak ada salahnya ganti olahraga dengan aktivitas fisik yang menyenangkan.  

Orang tua bisa membuat permainan yang menyenangkan dan melibatkan gerakan fisik. Misalnya, mengajak anak bermain bola, bermain lompat tali, atau menari.  

2. Menjalankan pola makan sehat

Cara mencegah obesitas pada anak yang kedua adalah menjalankan pola makan sehat. Sebaiknya orang tua ajak anak untuk mulai menjalankan pola makan sehat.  

Pastikan anak mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari, membatasi asupan gula atau pemanis buatan, menghindari makanan cepat saji, dan siapkan porsi yang sesuai untuk anak.  

3. Batasi waktu camilan anak

Cara mencegah obesitas pada anak yang ketiga adalah batasi waktu camilan anak. Ibu juga bisa untuk mulai membatasi waktu camilan untuk anak.  

Selain itu, pilihlah makanan sehat yang bisa diberikan pada anak sebagai camilan. Mulai dari potongan buah segar, telur rebus, atau salad sayur.  

 Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Ingat

4. Cukup tidur

Cara mencegah obesitas pada anak yang keempat adalah cukup tidur. Tidur yang cukup dapat mencegah kenaikan berat badan.  

Kebiasaan tidur yang sehat meliputi jadwal tidur, ritual sebelum tidur, serta bantal dan kasur yang nyaman.   

5. Jangan paksa anak untuk menghabiskan makanan

Cara mencegah obesitas pada anak yang kelima adalah jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanan.   

Biasanya, anak akan menunjukkan beberapa tanda saat mereka merasa kenyang. Sebaiknya ibu jangan memaksa anak jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut.   

Untuk menghindari makanan yang terbuang, ajarkan anak untuk mengambil makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu.  

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan anak obesitas.  

Jangan ragu untuk segera lakukan pemeriksaan pada dokter anak jika ibu melihat ada beberapa gejala obesitas pada anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News