HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Inilah 4 Cara Mencegah Pneumonia pada Anak

Moms Wajib Tahu! Inilah 4 Cara Mencegah Pneumonia pada Anak

MOMSMONEY.ID - Peradangan pada paru-paru atau pneumonia bisa terjadi pada anak. Kondisi ini dapat menyebabkan jumlah oksigen di tubuh menurun karena saluran udara kecil di paru-paru tersumbat oleh lendir.

Anak yang terserang pneumonia dapat mengalami gejala berupa batuk, demam, sesak atau mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada saat bernapas dalam-dalam atau batuk, kelelahan, dan penurunan nafsu makan.

Meski pneumonia pneumokokus bisa mengancam keselamatan balita, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena penyakit ini termasuk dalam PD3I, yaitu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. 

Baca Juga: Inilah Sederet Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan yang Menggangu

Menurut IDAI, berikut ini beberapa cara pencegahan pneumonia pada anak yang bisa Anda lakukan di rumah, antara lain: 

1. Lengkapi imunisasi anak

Cara pencegahan pneumonia pada anak yang pertama adalah melengkapi imunisasi anak dan orang tua wajib melakukan ini.

Imunisasi yang lengkap dapat menjadi salah satu cara mencegah pneumonia anak, dan juga berbagai penyakit lain. Misalnya campak, batuk rejan, difteri, dan penyakit berat lainnya.

2. Cuci tangan dengan sabun

Cara pencegahan pneumonia pada anak yang kedua adalah rajin cuci tangan dengan sabun dan orang tua perlu membiasakan hal ini.

Meski kedengarannya sepele, cuci tangan adalah salah satu hal yang memiliki dampak besar bagi kesehatan anak.

Dengan mencuci tangan secara rutin, anak-anak bisa terlindungi dari berbagai penyakit serius, seperti pneumonia, diare, bahkan COVID-19. 

Baca Juga: Berisiko Tinggi, Ini Penyebab Sepsis yang Perlu Diketahui

3. Memberi ASI eksklusif dan MPASI yang memadai

Cara pencegahan pneumonia pada anak yang ketiga adalah memberikan ASI eksklusif dan MPASI yang memadai. 

Pada bayi, pencegahan pneumonia bisa dimulai dengan memastikan asupan ASI dan MPASI tercukupi serta tentunya seimbang dalam hal gizi.

MPASI atau makanan pendamping ASI dianjurkan untuk mulai diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. 

Sementara itu, pemberian ASI dianjurkan terus diberikan pada bayi hingga berusia 2 tahun. Sebab, ASI dapat memberi antibodi untuk melindungi bayi dari serangan penyakit.  

4. Kurangi polusi dalam rumah

Cara pencegahan pneumonia pada anak yang terakhir adalah mengurangi polusi dalam rumah. Polusi udara juga bisa menjadi salah satu faktor risiko pneumonia pada anak.

Jadi, polusi udara, termasuk yang ada di dalam rumah, sebaiknya dihindari. Jangan biarkan Si Kecil terpapar polusi udara, seperti asap rokok, karena dapat merusak saluran pernapasannya. 

Itulah beberapa cara mencegah pneumonia pada anak yang direkomendasikan oleh IDAI dan perlu diketahui oleh orang tua.

Dapat diketahui bahwa cara pencegahan penyakit ini cukup mudah, tetapi bisa jadi sulit jika tidak ada niat dan kerja sama yang baik antara orangtua dan anggota keluarga lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News