Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari saat Anak Diare

Moms Wajib Tahu! Ini Sederet Makanan yang Harus Dihindari saat Anak Diare

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa makanan yang harus dihindari saat anak diare agar gejala yang dialami tidak semakin parah. Hal ini wajib diketahui oleh orang tua.

Diare menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak. Selain memperbanyak asupan cairan, Anda juga perlu memperhatikan apa saja yang dimakan oleh anak. 

Ternyata ada beberapa makanan yang harus dihindari saat anak diare, baik oleh ibu (anak yang masih minum ASI ekslusif) ataupun diberikan dalam bentuk MPASI. 

Melansir dari Kids Health, inilah beberapa makanan yang harus dihindari saat anak diare agar gejala yang dialami tidak semakin parah, antara lain: 

Baca Juga: Bisa Anda lakukan di Rumah, Ini 5 Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Ambeien

1. Jus dan buah-buahan tertentu

Makanan yang harus dihindari saat anak diare yang pertama adalah buah-buahan tertentu atau jus buah tertenru. 

Jus buah, kacang polong, pir, persik, prem, dan aprikot juga termasuk makanan yang harus dihindari saat anak diare, terutama bagi anak yang sudah makan MPASI. 

Terlalu banyak konsumsi jus (terutama jus buah yang mengandung sorbitol dan fruktosa tinggi) atau terlalu banyak minum minuman manis bisa mengganggu pencernaan anak.

2. Susu dan produk olahannya

Makanan yang harus dihindari saat anak diare yang kedua adalah produk olahan yang mengandung susu atau susu murninya sendiri. 

Susu dan produk olahannya merupakan yang paling dihindari untuk dikonsumsi anak diare. Pasalnya, diare pada anak juga dapat disebabkan oleh alergi protein susu, khususnya susu sapi. 

3. Makanan dengan kandungan gluten tinggi

Makanan yang harus dihindari saat anak diare yang selanjutnya adalah makanan yang mengandung kandungan gluten yang tinggi. 

Mengonsumsi makanan seperti gandum utuh, jelai, dan gandum hitam yang mengandung gluten dapat menyebabkan celiac disease yang ditandai dengan diare. 

Oleh karena itu, makanan-makanan tersebut harus dihindari saat anak diare agar tidak semakin memperparah gangguannya. 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Ini Sederet Gejala Penyakit Kanker Usus Besar

4. Makanan setengah matang

Makanan yang harus dihindari saat anak diare yang terakhir adalah makanan yang setengah matang. 

Dikutip dari situs Baby Center, bakteri seperti salmonella, shigella, staphylococcus, campylobacter, atau E. coli dapat menyebabkan diare sehingga konsumsinya harus dihentikan. 

Beberapa infeksi bakteri dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi beberapa lainnya, seperti infeksi bakteri E. coli yang dapat ditemukan pada daging mentah atau dimasak setengah matang. 

Jadi, jika anak mengalami diare disertai dengan kram perut, feses berdarah, demam, dan muntah, segera bawa ke dokter.

Dokter akan memeriksanya dan mungkin mengevaluasi feses anak untuk memastikan adanya tanda-tanda infeksi bakteri.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat anak diare agar gejala yang dialami tidak semakin parah. Hal ini wajib diketahui oleh orang tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News