Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Cara Mengatasi Stres pada Remaja

Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Cara Mengatasi Stres pada Remaja

MOMSMONEY.ID - Remaja juga dapat terserang stres, salah satunya akibat terlalu banyak tugas. Maka dari itu, para orang tua perlu tahu cara mengatasinya.

Stres dapat terjadi pada remaja akibat tugas sekolah yang menumpuk, disertai banyaknya kegiatan. Hal ini bisa jadi diperparah akibat mengalami intimidasi atau tekanan dari teman-teman.

Maka dari itu, anak perlu mendapatkan penanganan saat stres, agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi. Sebab, masalah ini bisa berkembang menjadi depresi dan gangguan kecemasan. 

Baca Juga: 5 Pilihan Teh Terbaik untuk Mengatasi Stres dan Kecemasan

Dirangkum dari Mental Health, inilah beberapa cara mengatasi stres pada remaja yang perlu dikethaui orang tua, antara lain: 

Mengetahui anak alami stres

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres pada remaja adalah memperhatikan perubahan sikap dan perilaku pada anak.

Jika sudah ada tanda-tanda stres, pastikan untuk mendukung anak mendapatkan pengobatan dan selalu memberikan dukungan serta kasih sayang. 

Cari tahu cara menangani stres

Orang tua dapat membantu anak agar stres menghilang dengan mencari tahu cara mengatasinya. Berbagai penyebab stres ini dapat diubah.

Namun, ada juga beberapa penyebab stres yang tidak dapat diubah, tapi bisa dikonsultasikan agar lebih baik. Meski begitu, peran orang tua yang paling penting dalam proses pengobatan ini.

Cari tahu penyebab stres

Cara mengatasi stres pada remaja selanjutnya adalah pastikan untuk mengetahui penyebab utamanya.

Sebagai orang tua, cobalah untuk meminta anak menuliskan semua hal yang membuat anak terbebani. Stres juga dapat terjadi karena terlalu banyak kegiatan yang anak harus lakukan.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Jamur Ganoderma untuk Kesehatan

Menjaga kesehatannya

Cara mengatasi stres pada remaja yang terakhir adalah memastikan menjaga kesehatannya dengan melakukan pola hidup sehat. 

Jagalah kesehatan dengan cara olahraga/ aktivitas fisik teratur, tidur cukup, makan bergizi seimbang, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan stres dialami remaja oleh orang tua.

Hal yang harus dipastikan sebelumnya, yaitu memastikan jika benar anak alami stres berlebih. Setelahnya, tindakan pengobatan yang tepat baru bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News