Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Kacang Tanang untuk Ibu Hamil

Moms Wajib Tahu, Ini Manfaat Kacang Tanang untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Kacang tanah merupakan camilan sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Berkat kandungan nutrisinya, ada banyak manfaat kacang tanah untuk ibu selama kehamilan.

Jika Anda tidak alergi terhadap kacang, maka ada baiknya mengonsumsi kacang tanah saat hamil. Pasalnya, kacang tanah menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa.

Dilansir dari Mom Junction dan Firstcry Parenting, inilah beberapa manfaat kacang tanah untuk ibu hamil yang bisa Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Ini Perbedaan Obstetri Dan Ginekologi yang Perlu Anda Ketahui

Membuat tubuh berenergi

Kalori dalam kacang tanah bisa memberikan energi dan kekuatan pada tubuh, sehingga ibu hamil bisa bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Selain itu, bagi ibu yang memiliki kekurangan berat badan selama kehamilan, camilan yang mengandung kalori dan lemak ini juga bisa membantu ibu mencapai berat badan yang sehat.

Mencegah gangguan metabolisme pada bayi

Penyakit-penyakit akibat gangguan metabolik seperti diabetes, galaktosemia, dan sindrom penyakit lainnya bisa terjadi sejak bayi dalam kandungan.

Selain faktor genetik, penyakit-penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan biotin.

Menjaga kadar gula darah

Manfaat kacang tanah lainnya bisa menjaga kadar gula darah untuk ibu hamil. Selain menyediakan energi, kacang tanah juga mengandung gula dengan indeks glikemik yang rendah.

Mengonsumsi kacang tanah baik untuk menjaga kadar gula darah dan mencegah dari risiko gula darah tinggi atau diabetes gestasional saat hamil.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Bahaya Kekurangan Vitamin A Pada Masa Kehamilan

Baik untuk kesehatan kulit dan rambut

Mengonsumsi kacang tanah selama kehamilan juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut ibu, berkat kandungan vitamin E-nya.

Selain itu, kandungan minyak dalam makanan sehat tersebut juga bisa membantu mengelola masalah dermatologis, dan membantu penyembuhan luka dan iritasi.

Mencegah anemia

Kacang tanah adalah salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan oleh ibu saat hamil. Menurut WHO, 4 dari 10 ibu hamil mengalami anemia akibat kekurangan zat besi.

Selain menyebabkan lemah dan letih, anemia juga bisa mengganggu perkembangan janin. Dengan mengonsumsi kacang tanah, ibu bisa terhindar dari berbagai masalah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News