Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini Dia Sumber Lemak Nabati Baik yang Wajib Dikonsumsi Anak

Moms Wajib Tahu! Ini Dia Sumber Lemak Nabati Baik yang Wajib Dikonsumsi Anak

MOMSMONEY.ID - Meski berasal dari tumbuh-tumbuhan, bukan berarti lemak nabati lebih buruk dari lemak hewani. Justru lemak nabati ini lebih rendah kolesterol dengan harga terjangkau.

Lemak, baik lemak nabati maupun hewani, sama-sama dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak dan juga kesehatannya. 

Manfaat lemak nabati yakni untuk mendukung pembentukan sel baru, membantu pembentukan tulang dan otot, serta menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Kids Health, berikut ini adalah beberapa pilihan sumber lemak nabati yang bisa Anda olah menjadi masakan kesukaan anak, antara lain: 

 Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak

Alpukat

Salah satu sumber lemak nabati yang baik untuk diberikan pada anak adalah alpukat. Buah ini mengandung sekitar 80 persen lemak dan tentunya sangat baik untuk pertumbuhan anak.

Di dalam alpukat juga terdapat potasium yang baik sebagai antioksidan. Buah ini dapat memenuhi sekitar 15% dari kebutuhan harian anak terhadap zat tersebut.

Jagung

Selain memiliki rasa manis, jagung juga mengandung lemak. Dalam 100 gram jagung, setidaknya terdapat 9,8 gram lemak. Jagung juga mengandung protein, karbohidrat, dan serat.

Anda bisa menjadikan jagung sebagai camilan untuk anak dengan cara merebus atau mengolahnya menjadi sup jagung untuk dikonsumsi bersama nasi.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat untuk Menemani Anda Bekerja Agar Tetap Fokus

Minyak zaitun

Tidak banyak orang tua yang tahu jika minyak zaitun juga mengandung lemak nabati. Minyak ini kaya akan asam oleat, asam lemak yang dapat memiliki sifat anti-inflamasi. 

Minyak zaitun kerap digunakan pada seseorang yang sedang diet. Kandungan lemak tersebut merupakan komponen penting dari diet Mediterania.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan, yaitu kesehatan jantung, menjaga gula darah tetap normal, dan berat badan ideal.

Brokoli

Dalam 100 gram brokoli, setidaknya terkandung 2,8 gram lemak. Brokoli juga mengandung serat, karbohidrat, serta beragam vitamin dan mineral.

Salah satu cara yang sehat untuk mengolah brokoli adalah dengan mengukus, menumis, atau memanggangnya.

Jika Anda ingin menerapkan pola makan tertentu pada anak, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News