Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin

Moms Wajib Tahu! Ini Dia 5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Janin

MOMSMONEY.ID - Meningkatkan kecerdasan anak bisa dimulai sejak dalam kandungan. Anda bisa memulai dengan membiasakan bicara dan membaca pada janin selama kehamilan.

Anda bisa membantu meningkatkan kecerdasan janin dengan memilih makanan yang tepat. Anda membutuhkan nutrisi yang bisa mencukupi kebutuhan dua orang.

Suplemen vitamin bisa Anda makan sebagai tambahan nutrisi. Namun, jangan sampai suplemen ini menggantikan nutrisi dari makanan alami.

Baca Juga: Manfaat Rutin Mengonsumi Sari Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecerdasan janin, antara lain: 

Olahraga teratur

Cara meningkatkan kecerdasan janin yang pertama dengan berolahraga teratur. Saat berolahraga, tubuh akan melepas hormon endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati.

Olahraga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk rahim, yang selanjutnya akan merangsang perkembangan bayi secara keseluruhan.  

Konsumsi telur

Cara meningkatkan kecerdasan janin yang kedua adalah mengonsumsi telur. Mengonsumsi telur dapat membantu bayi menjadi pembelajar yang lebih cepat dengan memori yang lebih baik.

Kuning telur dikemas dengan kolin, anggota keluarga vitamin B yang disebut sangat baik untuk otak bayi. Sebab, kuning telur juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi.

Meski demikian, konsumsinya juga tidak boleh berlebihan dan harus diimbangi dengan berbagai menu sehat lainnya. 

Baca Juga: Tidak Banyak Diketahui, Inilah Sederet Manfaat Mengonsumsi Sarang Burung Walet

Berbicara dan membaca untuk si kecil

Ketika ibu hamil diberi rekaman untuk diputar menjelang akhir kehamilan yang menyertakan kata yang dibuat-buat, bayi dapat mengenali kata dan variasinya setelah lahir.

Bayi yang paling sering mendengar rekaman memiliki respons terkuat, menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa dimulai di dalam rahim.  

Menghindari minuman beralkohol dan rokok

Cara meningkatkan kecerdasan janin yang terakhir adalah menghindari minuman beralkohol dan merokok. 

American Academy of Pediatrics sangat menyarankan agar tidak merokok dan mengonsumsi minuman alkohol ketika hamil.

Mengonsumsi minuman beralkohol selama kehamilan adalah salah satu penyebab utama cacat lahir dan ketidakmampuan belajar pada bayi baru lahir.

Yuk, dicoba tips-tips ini supaya janin tumbuh sehat dan pintar. Jangan lupa makan makanan sehat dan penuh gizi. 

Kalau perlu, Anda juga bisa minum vitamin tambahan supaya nutrisi yang dibutuhkan janin tercukupi dengan sempurna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News