Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Moms Wajib Tahu! Ini Cara Sederhana Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

MOMSMONEY.ID - Mencegah gigi berlubang pada anak merupakan hal yang tepat yang dapat orang tua lakukan untuk menjauhkan anak dari beragam penyakit dan komplikasi.

Selain itu, ini juga dapat menciptakan plak yang menumpuk di gigi dan mengandung lebih banyak asam erosi enamel. Alhasil, area tanpa kalsium menjadi cukup besar dan permukaan gigi jadi berlubang. 

Untuk itu, seperti dilansir dari Kids Health, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa mulai Anda lakukan untuk mencegah gigi berlubang pada anak, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini Dia Sederet Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Tubuh

Bersihkan gigi anak sejak dini

Bayi tumbuh gigi pertama kali biasanya saat memasuki usia 6 bulan. Gigi pertama yang muncul adalah dua gigi depan (gigi seri) di gusi bagian bawah.

Di masa ini, Anda sudah dianjurkan untuk selalu membersihkan giginya 2 kali sehari, menggunakan air dan sikat gigi khusus bayi yang berbulu lembut.

Melakukan pemeriksaan secara rutin

Menurut The National Institute of Dental and Craniofacial Research, sekitar 28% anak usia 2-5 tahun mengalami gigi berlubang di gigi sulungnya.

Dengan melakukan pemeriksaan gigi secara rutin, tentu saja orang tua dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi yang parah pada anak.

Lakukan pemeriksaan gigi pertama

Saat anak berusia 1 tahun,  Anda juga disarankan untuk membawanya ke dokter gigi anak guna mendapatkan pemeriksaan gigi pertama kalinya.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda masalah gigi yang mungkin ada dan mengatasinya sejak dini.

Baca Juga: Ini Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan Tubuh. Simak Penjelasannya di Sini!

Biasakan anak untuk makan makanan bergizi

Batasi memberikan anak makanan maupun minuman manis, seperti permen, kue dan biskuit, cokelat, serta minuman ringan, karena hal ini sangat mudah memicu gigi berlubang.

Biasakan anak untuk makan makanan sehat dan mendukung kesehatan giginya, seperti sayur dan buah yang mengandung banyak serat, serta susu, keju, dan yogurt sebagai sumber kalsium.

Berikan makanan rendah gula

Gula dapat memicu bakteri dalam menghasilkan asam dan kemudian asam ini akan mengikis mineral pada permukaan gigi.

Walaupun secara alami, saliva bisa melawan asam, namun jika terlalu banyak asam dari bakteri, saliva pun tidak mampu menanggulangginya.

Hal terpenting yang perlu Anda ingat dalam menerapkan cara di atas adalah menjadikan diri Anda sebagai teladan.

Jika Anda tidak rutin menyikat gigi, sering makan makanan manis, atau terburu-buru saat menyikat gigi, anak bisa saja mengikutinya dan akhirnya meremehkan pentingnya menjaga kesehatan gigi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News