Bugar

Moms Wajib Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

Moms Wajib Tahu, Ini Cara Mengatasi Insomnia pada Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Insomnia atau gangguan tidur di malam hari bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Sayangnya, insomnia saat hamil bisa membuat tidak nyaman.

Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan menyebabkan ibu hamil kurang tidur di malam hari. 

Selain mengalami kesulitan tidur, insomnia saat hamil juga bisa menyebabkan ibu mengalami nyeri pada kaki, sesak, hidung tersumbat, dan seringnya buang air kecil di malam hari. 

Untuk mengatasinya, seperti dilansir dari Healthline dan Pregnant Education, inilah beberapa cara mengatasi insomnia pada ibu hamil, antara lain: 

Baca Juga: Apa Itu Kehamilan Ektopik? Ini Penjelasan Lengkpanya  

Konsumsi makanan sehat

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang pertama dengan memenuhi asupan nutrisi yang didapat dari makanan sehat. 

Makanan tinggi karbohidrat dan protein bisa membantu tidur lebih nyenyak. Namun, pastikan tidak makan terlalu dekat dengan jam tidur, karena hal tersebut malah bisa memicu insomnia.

Relaksasi

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang kedua bisa dilakukan dengan menerapkan teknik relaksasi. Melakukan teknik peregangan dapat membantu mencegah kram.

Ada beberapa teknik relaksasi untuk membuat pikiran dan otot tubuh ibu hamil menjadi lebih santai, seperti peregangan, pemijatan, pernapasan, dan mandi air hangat sebelum tidur.

Jam tidur teratur

Biasakanlah untuk selalu tidur dan bangun pada jam yang sama. Kebiasaan ini akan membuat tubuh terbiasa dan otomatis akan mengantuk jika sudah memasuki waktu tidur.

Sebaiknya tidak mengubah waktu tidur di malam hari. Jika dirasa sangat mengantuk, biasakanlah tidur siang selama beberapa jam.

Baca Juga: Ingin Memiliki Anak Laki-Laki? Coba Konsumi 5 Makanan ini Selama Kehamilan

Aktif bergerak

Cara mengatasi insomnia pada ibu hamil yang lainnya adalah melakukan aktivitas fisik dan aktif bergerak dapat membantu mencegah kram menyerang di malam hari.

Nyatanya, ibu hamil yang banyak melakukan kegiatan dapat mengurangi kram, mencegah stres, dan menghindari kenaikan berat badan secara berlebih.

Seluruh hal tersebut sangat dibutuhkan untuk membuat tidur menjadi lebih nyenyak di malam hari.

Sesuaikan posisi tidur

Saat mengalami insomnia cobalah menyesuaikan posisi tidur. Cara tidur saat hamil sangat penting. Biar lebih nyaman, ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring dan menekuk lutut.

Untuk meredakan rasa panas pada bagian dada, cobalah untuk mengaplikasikan posisi tidur setengah duduk. Kemudian, sandarkan punggung ke tumpukan bantal lalu atur pernapasan.

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah hal yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Namun, jika insomnia masih berlanjut segera ke rumah sakit agar mendapat pertolongan medis segera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News