Moms Wajib Tahu! Ini 5 Vitamin yang Wajib Dipenuhi Selama Kehamilan

Reporter: Helvana Yulian
Minggu, 20 November 2022 | 14:30 WIB
Moms Wajib Tahu! Ini 5 Vitamin yang Wajib Dipenuhi Selama Kehamilan


MOMSMONEY.ID - Ternyata ada beberapa vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan agar perkembangan janin bisa lebih maksimal dan sehat.

Vitamin dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin yang tengah dikandung. Asupan ini dibutuhkan untuk memastikan tumbuh kembang janin.

Maka itu, ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan vitamin dengan baik. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral saat hamil, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan sehat yang beragam. 

Dilansir dari Pregnant Education, berikut ini adalah beberapa kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan, antara lain: 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Sederet Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

1. Asam Folat

Kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan yang pertama adalah asam folat. Asam folat yang cukup diperlukan untuk mencegah terjadinya neural tube defect (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi.

NTD biasanya mulai berkembang pada 28 hari pertama setelah pembuahan. Pada masa itu, kebanyakan wanita belum menyadari bahwa dirinya sedang hamil. 

Peranan asam folat memang begitu penting, sehingga tidak hanya saat hamil, wanita yang sedang berencana hamil atau sedang menjalani program kehamilan, juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin ibu hamil ini. 

2. Vitamin D

Kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan yang kedua adalah vitamin D. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 10 mcg vitamin D setiap harinya.

Untuk mencukupi kebutuhan ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, sarden, telur, dan daging merah. 

Namun, karena jumlah vitamin D yang terkandung pada makanan hanya sedikit, Anda perlu untuk mengonsumsi suplemen vitamin D ketika hamil. 

3. Kalsium

Kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan yang ketiga adalah kalsium. Saat hamil, Anda perlu untuk mengonsumsi setidaknya 1.000 mg kalsium setiap hari.

Kalsium sangat berperan dalam kesehatan tulang dan gigi ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Selain itu, asupan kalsium yang tercukupi dengan baik juga dapat mampu mendukung pertumbuhan jantung, saraf, dan otot janin.  

Baca Juga: Selain untuk Penyedap Masakan, Ini Manfaat Daun Bawang yang Baik untuk Ibu Hamil

4. Zat Besi

Kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan yang keempat adalah zat besi. 

Ibu hamil membutuhkan zat besi yang cukup untuk membentuk sel-sel darah merah, karena sel darah merahlah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan juga janin. 

Kekurangan zat besi akan menimbulkan anemia yang bisa membuat ibu hamil terus-menerus merasa lelah, pusing, lemah, dan pucat. 

5. Protein

Kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan yang terakhir adalah protein. 

Fungsi utama protein adalah sebagai zat pembangun tubuh, di mana dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru dan juga untuk memperbaiki sel-sel. 

Sehingga, protein sangat diperlukan pada trimester pertama kehamilan, di mana banyak terjadi perkembangan sel, jaringan, dan organ pada janin. 

Untuk menentukan jenis makanan apa yang baiknya dikonsumsi, ibu harus meminta saran dari dokter.

Suplemen yang mengandung vitamin memang tidak sepenuhnya harus dikonsumsi. Namun, disarankan jika kebutuhan gizi ibu belum terpenuhi. 

Itulah beberapa kebutuhan vitamin yang wajib dipenuhi selama kehamilan agar perkembangan janin bisa lebih maksimal dan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru
TERPOPULER