HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Tips Supaya Anak Tetap Fit Saat Berpuasa

 Moms Wajib Tahu! Ini 5 Tips Supaya Anak Tetap Fit Saat Berpuasa

MOMSMONEY.ID - Meski belum diwajibkan, tak sedikit orang tua yang sudah mulai mengajari anak berpuasa agar terbiasa saat ia dewasa nantinya.

Namun, orang tua tetap perlu memastikan kondisi tubuh anak tetap fit selama berpuasa.

Selain itu, orang tua juga perlu mengatur pola makannya agar tak berlebihan dan tidak salah mengonsumsi hidangan tertentu yang menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan.

Hal ini sangat penting agar anak bisa tetap bugar dan fit serta dapat berkegiatan dengan ceria meski ikut berpuasa bersama anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: Bisa Anda Coba! Begini Cara Detoks Tubuh Saat Berpuasa

Dilansir dari Kids Health, ada beberapa tips supaya anak tetap fit saat berpuasa, antara lain: 

1. Porsi makan yang sesuai

Tips supaya anak tetap fit saat berpuasa yang pertama adalah membuat porsi makanan yang sesuai artinya tidak berlebihan.

Saat waktu berbuka tiba, seringkali orang tua memberikan makan dengan porsi besar supaya anak merasa kenyang setelah menahan lapar seharian.

Meski tampaknya baik untuk anak, hal ini justru berbahaya karena dapat membuat lambungnya kepenuhan sehingga merasa mual dan akhirnya muntah.

2. Memastikan cukup minum air putih

Tips supaya anak tetap fit saat berpuasa yang kedua adalah memastikan cukup minum air putih. 

Setelah seharian menahan haus, biasanya anak lebih suka mengonsumsi minuman dingin yang segar dan manis.

Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, akan tetapi batasi minuman dingin yang dikonsumsi buah hati dan gantilah dengan air putih.

Selain lebih alami, air putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak selama berpuasa karena dapat memperlancar pencernaan dan juga menggelontor racun dalam tubuh.

3. Cukup tidur

Tips supaya anak tetap fit saat berpuasa yang ketiga adalah cukup tidur. Apabila anak terbiasa bangun selepas subuh, kini ia harus bangun lebih pagi buat sahur.

Agar anak tetap fit saat puasa, sebaiknya ia pergi tidur malam lebih awal, sehingga ia tidak mudah mengantuk saat sahur dan beraktivitas nantinya.

Selain itu, biarkan anak tidur lagi setelah sahur. Walaupun berpuasa, jam tidur anak sebaiknya tidak berubah atau tetap 8 jam dalam sehari. 

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Anak dengan Aman

4. Tidak melewatkan sahur

Tips supaya anak tetap fit saat berpuasa yang keempat adalah tidak melewatkan waktu sahur agar anak tetap mendapatkan asupan untuk energi selama berpuasa.

Tidak berbeda dengan sarapan di pagi hari, sahur berfungsi untuk menambah pasokan energi selama berpuasa sehari penuh hingga waktunya berbuka.

Tanpa makan sahur, sudah bisa dipastikan tubuh akan kekurangan energi yang berujung pada rasa lemas.

5. Ajak berolahraga

Tips supaya anak tetap fit saat berpuasa yang kelima adalah mengajaknya berolahraga. Olahraga menjadi cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meski sedang berpuasa, sebaiknya orang tua tetap mengajak anak melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki atau bersepeda.

Dengan begitu, imunitas anak tetap terjaga selama ia menjalankan ibadah puasa dan juga tubuh tetap bugar.

Namun, apabila anak menunjukkan gejala tak biasa pada tubuhnya, sebaiknya ibu tidak memaksanya untuk tetap berpuasa. Segera bawa anak untuk berobat ke rumah sakit terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News