Bugar

Moms Wajib Tahu! Cara Membedakan Diare Biasa dan Gejala Hepatitis Akut

Moms Wajib Tahu! Cara Membedakan Diare Biasa dan Gejala Hepatitis Akut

MOMSMONEY.ID - Diare adalah penyakit umum yang mungkin pernah dialami oleh hampir semua orang tak terkecuali terjadi juga pada anak-anak.

Seseorang bisa dikatakan mengalami diare jika sering buang air besar (BAB) hingga lebih dari 3 kali dalam sehari atau tinja menjadi lebih cair dan perut terasa lebih sakit.

Berdasarkan lama waktu berlangsungnya kondisi tersebut, diare bisa dibedakan menjadi diare akut dan diare yang menajdi salah satu gejala hepatitis akut yang menyerang anak-anak.

Salah satu gejala hepatitis akut yang sering dilaporkan adalah diare. Masalah kesehatan tersebut sebenarnya umum terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak hal. 

Baca Juga: Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Liver. Simak Penjelasannya di Sini!

Karena kebanyakan diare tidak menimbulkan masalah serius, lantas orangtua cenderung menganggap sepele diare yang dialami anak.

Padahal diare yang dialami anak juga bisa disebabkan oleh hepatitis akut, penyakit hati yang bisa menyebabkan komplikasi yang serius hingga kematian. 

Dilansir dari Health Focus, pada diare biasa, gejala yang sering muncul selain sering BAB dan tinja encer, antara lain:

1. Sakit perut

2. Kembung

3. Mual

4. Muntah

5. Demam

6. Darah dalam tinja

7. Lendir di tinja

Diare bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari yang ringan (infeksi bakteri) hingga serius (sindrom iritasi usus besar).

Namun, pada kebanyakan kasus, diare bukan disebabkan oleh masalah kesehatan serius dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Namun, orangtua disarankan untuk berhati-hati jika diare anak cukup parah dan disertai gejala lain yang tidak seperti gejala diare biasa. Hal itu bisa saja merupakan gejala hepatitis akut.

Baca Juga: Sederet Mitos dan Fakta Hepatitis Misterius yang Perlu Anda Ketahui

Dirangkum dari Health Focus, berikut ini gejala diare yang bisa menjadi gejala hepatitis akut pada anak, antara lain: 

1. Anak biasanya bisa mengalami sakit perut yang parah.

2. Diare dan muntah pada anak diikuti dengan gejala penyakit kuning (kulit dan bagian putih pada mata menguning).

3. Anak juga terlihat sangat lemas atau mengalami kelelahan yang parah.

4. Tinja berwarna terang.

5. Disertai gejala lain, seperti urine berwarna gelap, kehilangan napsu makan, demam dan nyeri otot.

Bila anak Anda mengalami gejala diare seperti di atas, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya.

Itulah penjelasan mengenai cara membedakan diare biasa dengan gejala hepatitis akut. Untuk menjaga kesehatan anak, orangtua bisa memeriksakan kesehatan anak secara berkala 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News