HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Begini Tanda Seseorang Mengalami Alergi Obat

Moms Wajib Tahu! Begini Tanda Seseorang Mengalami Alergi Obat

MOMSMONEY.ID - Banyak orang yang memiliki alergi terhadap beberapa benda dan juga makanan.

Selain alergi pada benda dan makanan, ternyata seseorang juga dapat mengalami alergi obat.

Hal tersebut merupakan salah satu jenis reaksi tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis obat tertentu.

Reaksi alergi obat biasanya akan muncul secara bertahap sejalan dengan sistem antibodi tubuh untuk menolak obat tersebut.

Baca Juga: Tidak Hanya Baik untuk Rambut, Ini Manfaat Lain dari Lidah Buaya

Reaksi ini mungkin tidak langsung muncul ketika pertama kali mengonsumsi obat tersebut.

Pada tahap awal, sistem kekebalan tubuh akan menandakan obat tersebut sebagai substansi berbahaya bagi tubuh, lalu mengembangkan antibodi secara perlahan.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa tanda seseorang mengalami alergi obat yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Pembengkakan pada tubuh

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang pertama adalah pembengkaan pada tubuh. 

Alergi obat dapat menyebabkan pembengkakan pada tubuh. Pembengkakan akan terjadi pada beberapa kasus alergi.

Bagian yang biasanya mengalami bengkak yaitu bagian muka. Mata juga dapat tertelan oleh pipi yang bengkak, sehingga lama sekali untuk kembali menjadi normal.

Ada juga yang mengalami alergi obat, sehingga bengkak di sekujur tubuh.

2. Ruam kulit

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang kedua adalah ruam kulit. Salah satu ciri-ciri seseorang mengalami alergi ini yaitu ruam pada kulit.

Ruam kemerahan atau bentol-bentol akan muncul di kulit seperti terkena gigitan serangga tetapi dalam jumlah yang banyak.

3. Demam

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang ketiga adalah demam. Ciri-ciri lainnya ketika seseorang mengalami alergi ini yaitu mengalami demam.

Demam akan muncul sebagai salah satu jenis pertahanan dari antibodi, karena tubuh telah dimasuki oleh zat-zat yang secara alamiah ditolak oleh tubuh karena tidak cocok.

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Mimisan pada Anak yang Perlu Diwaspadai

4. Rasa gatal

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang keempat adalah rasa gatal. Ciri-ciri seseorang mengalami alergi ini adalah rasa gatal pada tubuh.

Gatal tersebut juga dapat bersamaan dengan ruam. Tidak jarang rasa gatalnya disertai rasa panas dan juga perih saat digaruk.

5. Sesak napas

Tanda seseorang mengalami alergi obat yang kelima adalah sesak napas. 

Sesak napas terjadi karena penyempitan saluran napas yang dikarenakan pembengkakan sebelumnya.

Hal tersebut terjadi karena saluran pernapasan juga memberikan reaksi alergi yang cepat ketika saluran pernapasan mempunyai banyak lendir.

Itulah beberapa tanda seseorang mengalami alergi obat yang perlu Anda ketahui agar bisa mengatasi dan mengantisipasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News