HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! 5 Tips Ampuh agar Tetap Awet Muda

Moms Wajib Tahu! 5 Tips Ampuh agar Tetap Awet Muda

MOMSMONEY.ID - Ada beragam tips awet muda yang dapat dilakukan, mulai dari penggunaan produk perawatan kulit hingga melalui prosedur medis.

Namun, ada pula cara mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya agar tetap terlihat awet muda, namun perlu konsisten melakukannya.

Penuaan merupakan proses alami yang akan terjadi pada semua orang dan menyebabkan perubahan pada bagian tubuh tertentu, seperti kulit dan rambut.

Perubahan pada tubuh akibat penuaan membuat banyak orang tidak percaya diri dan mencoba beragam tips awet muda.

Baca Juga: 5 Tips Menerapkan Hidup Sehat di Bulan Puasa

Dilansir dari Women Health, inilah beberapa tips ampuh untuk tetap awet muda yang bisa Anda lakuka tanpa mengeluarkan banyak uang, antara lain:  

1. Pola makan sehat

Tips ampuh untuk tetap awet muda yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga pola makan sehat. 

Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk memperlambat proses penuaan. Misalkan dengan menambahkan konsumsi buah dan sayuran pada menu harian.

Kedua jenis makanan tersebut mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dengan memerangi radikal bebas dan mencegah kanker.

2. Perbanyak minum air putih

Tips ampuh untuk tetap awet muda yang kedua adalah memperbanyak minum air putih secara rutin. 

Tak hanya dari makanan, memenuhi kebutuhan cairan dengan cukup minum air putih setiap harinya sangatlah penting dilakukan.

Selain mencegah dehidrasi, minum air juga bisa membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tidak mudah kering dan tampak awet muda.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi setidaknya 2 liter air setiap harinya.

3. Tidur cukup

Tips ampuh untuk tetap awet muda yang ketiga adalah tidur yang cukup. Tidur bukan hanya untuk mengembalikan energi, melainkan juga untuk meregenerasi sel-sel kulit dalam tubuh.

Ini dilakukan untuk menggantikan lapisan kulit yang sudah tua dan rusak di lapisan teratas kulit, sehingga akan berpengaruh pada kondisi kulit dan tingkat kecerahannya.

Agar proses regenerasi berjalan efektif, Anda perlu tidur cukup setidaknya 7-8 jam per hari.

4. Aktif bergerak atau rutin olahraga

Tips ampuh untuk tetap awet muda yang selanjutnya adalah aktif bergerak dan rutin melakuka olahraga. 

Aktif bergerak bisa meningkatkan interaksi antar sel saraf, membantu menangkal penyakit kronis, menjaga sirkulasi darah, dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap teratur.

Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, yoga, berenang, dan olahraga lain yang memang Anda sukai setidaknya 20-30 menit per hari.

Baca Juga: Ketiak Hitam Mengganggu? Ini Cara Alami Menghilangkannya

5. Kurangi stres

Tips ampuh untuk tetap awet muda yang terakhir adalah mengelola stres dngan baik. 

Saat mengalami stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang bisa menyebabkan kerusakan sel tubuh dan meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, stres juga bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur dan pola makan, sehingga dapat memicu penuaan. 

Ada berbagai cara untuk mengurangi stres yang Anda alami, seperti mencoba terapi relaksasi, melakukan aktivitas yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.

Oleh karena itu, pastikan Anda mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dengan menerapkan beberapa tips awet muda seperti yang telah disebutkan di atas.

Namun, pastikan Anda juga mengimbanginya dengan cara alami agar manfaatnya bisa dirasakan oleh tubuh secara menyeluruh.

Jika ingin tahu lebih banyak tentang tips awet muda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan saran perawatan yang tepat, sesuai dengan kondisi kulit dan tubuh Anda.

Itulah lima tips ampuh untuk tetap awet muda yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News