HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! 5 Hal yang Harus Dihindari saat Masa Kehamilan

Moms Wajib Tahu! 5 Hal yang Harus Dihindari saat Masa Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Begitu memasuki masa kehamilan, Anda mungkin mulai mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan selama kehamilan adalah menghindari segala larangan sejak ibu masih hamil muda.  

Agar proses kehamilan dan perkembangan janin berjalan dengan baik, maka sebaiknya Anda mematuhinya. Dirangkum dari Pregnant Education dan Health Focus, inilah 5 hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan, antara lain:

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Ini Aman Dilakukan pada Trimester Pertama Kehamilan

1. Jangan merokok

Hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan pertama adalah jangan merokok. Jika Anda terbiasa merokok sebelum hamil, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan ini.

Ingatlah bahwa selain nikotin, rokok mengandung ribuan zat aditif lain.Ketika diisap, zat-zat berbahaya tersebut dapat melewati plasenta dan mencapai janin. 

Akibatnya, lahir prematur dan berat badan lahir rendah bisa saja terjadi. Inilah yang membuat rokok menjadi larangan ibu hamil trimester pertama.

2. Jangan mengonsumsi makanan mentah

Hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan kedua adalah jangan mengonsumsi makanan mentah. Larangan ibu hamil trimester pertama lainnya adalah makanan mentah atau setengah matang.

Efek dari konsumsi salah satu makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama mulai dari keguguran, bayi yang lahir dalam kondisi cacat, hingga kematian.

3. Jangan mandi dan berendam di air terlalu panas

Hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan yang ketiga adalah jangan mandi dan berendam di air terlalu panas. 

Larangan wanita hamil trimester pertama berikutnya adalah mandi atau berendam di air yang terlalu panas. Menurut beberapa studi, kegiatan ini bisa membahayakan janin.

Salah satu bahaya kebiasaan ini adalah meningkatkan risiko cacat pada tabung saraf. Makin lama durasi mandi atau berendam seorang calon ibu, makin tinggi pula paparan suhu panas yang memperbesar risiko tersebut.

Baca Juga: Inilah Sederet Makanan yang Harus Dihindari saat Kehamilan Trimester Pertama

4. Jangan minum kopi terlalu banyak

Hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan keempat adalah jangan minum kopi terlalu banyak. beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan risiko keguguran.

Ini karena kafein dalam kopi dapat melewati plasenta dan memengaruhi perkembangan bayi, termasuk detak jantung yang sedang berkembang.

5. Jangan membersihkan kotoran hewan

Hal yang wajib dihindari saat masa kehamilan terakhir adalah jangan membersihkan kotoran hewan. Memelihara hewan saat hamilmungkin boleh saja ibu lakukan.

Namun sebaiknya, jangan bersentuhan langsung atau membersihkan kotoran hewan peliharaan Anda.

Pasalnya, ada banyak parasit dalam kotoran hewan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, seperti Toxoplasma gondii pada kotoran kucing (toxoplasmosis).

Adapun terkena toxoplasmosis saat hamil muda bisa meningkatkan risiko keguguran, masalah penglihatan, hingga merusak perkembangan otak janin.

Larangan ibu hamil trimester pertama ini memang terkesan rumit. Namun, sebaiknya tetap diwaspadai dan dipatuhi. Jangan menunggu sampai Anda memiliki gejala baru menurutinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News