Bugar

Moms Wajib Tahu! 10 Rekomendasi Bahan Alami Obat Panas untuk Bayi

Moms Wajib Tahu! 10 Rekomendasi Bahan Alami Obat Panas untuk Bayi

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang wajib Moms ketahui. Panas pada bayi adalah masalah yang biasa terjadi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa bahan alami yang bisa diberikan sebagai obat, seperti lebih banyak memberikan cairan pada anak.

Panas termasuk gangguan yang bisa terjadi pada bayi sehingga bayi banyak menangis. Sebenarnya, panas bukan penyakit, melainkan gejala dari gangguan yang sedang terjadi pada tubuh.

Penanganan segera sebaiknya dilakukan segera untuk mengatasi gejalanya dan agar cepat sembuh.

Dilansir dari Mayo Clinic dan Pregnant Education, ada beberapa rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang wajib Moms ketahui, antara lain: 

1. Kunyit 

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang pertama adalah kuniyt. Kunyit atau turmerik memiliki nama latin Curcuma Domestica. 

Herbal ini mengandung curcumin yang berkhasiat sebagai antibakteri dan juga antiradang. 

Studi Curcumin as an Antiviral Agent menyebutkan, senyawa dalam kunyit menunjukkan aktivitas sebagai agen antimikroba, serta membatasi replikasi berbagai jamur, bakteri, dan virus. 

2. Bawang

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang kedua adalah bawang. Bawang merupakan bahan umum digunakan sebagai penambah cita rasa masakan.

Bawang juga dipercaya sebagai obat penurun panas alami untuk menurunkan panas bayi. Ini membantu menurunkan suhu tubuh dan mengurangi sakit tubuh yang disebabkan oleh demam.

Caranya, cukup potong bawang menjadi irisan dan gosok 2 - 3 iris pada kaki bayi masing-masing selama 2 menit. Lakukan ini hingga 2 kali sehari.

Baca Juga: Menurut Ahli, Ini 5 Teh Terbaik untuk Membantu Mengurangi Kram Menstruasi

3. Kayu manis

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang selanjutnya adalah kayu manis. Kayu manis diketahui memiliki efek antipiretik (penurun demam) karena kandungan Cinnamaldehyde.

Cinnamaldehyde bisa menghambat sekresi IL-1 (protein yang berperan menginduksi inflamasi) dan prostaglandin (senyawa yang diproduksi tubuh saat terjadi peradangan) dengan cara menghambat enzim siklooksigenase.

Enzim siklooksigenase sendiri merupakan mediator peradangaan pada tubuh sehingga menimbulkan demam. 

4. Akar alang-alang

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang keempat adalah akar alang-alang. 

Berbagai studi menyebut kalau akar alang-alang (Imperrata Cylindrica) juga memiliki aktivitas antiradang dan antioksidan sehingga bisa berperan sebagai antipiretik.

5. Putih telur

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang kelima adalah putih telur. Putih telur adalah protein dalam telur yang menyehatkan dan bisa jadi obat penurun panas alami.

Ini karena sifatnya yang unik dan kental membuatnya menjadi penyerap panas yang efektif, lantaran dapat menyerap sejumlah besar energi panas dari sekitarnya saat mengering.

Anda bisa memisahkan kuning telurnya kemudian kocok putih telur sampai mengembang. Selanjutnya, celupkan dua waslap kecil ke dalam putih telur kocok selama satu menit agar basah.

6. Madu 

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang lainnya adalah madu. Madu memiliki khasiat sebagai antibakteri dan antivirus yang bisa memicu demam. 

Selain itu, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

7. Daun pegagan

Pegagan (Centella asiatica) ini banyak digunakan sebagai bahan utama skincare untuk mengatasi beberapa gangguan pada kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Karena kandungan antiradang dan antibakterinyanya, daun pegagan juga dianggap baik digunakan sebagai obat penurun panas alami. 

Akan tetapi efektivitas tanaman ini sebagai obat demam tradisional masih perlu diteliti lebih lanjut. 

Baca Juga: Manfaat Jahe Bisa Meredakan GERD, Ini 5 Bahan Alami Mengobati Asam Lambung

8. Jahe

Jahe atau Zingiber Officinale, mengandung ginggerol, yaitu fitonutrien yang punya sifat antibakteri serta antivirus berdasakan penelitian.

Studi laboratorium di Journal of Microbiology and Antimicrobials mengungkap, jahe punya sifat antibakteri yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan antibiotik terhadap Staphylococcus aureus serta Streptococcus pyogenes.

Keduanya adalah bakteri penyebab radang tenggorokan, yang juga bisa memicu gejala seperti demam, sakit kepala, serta nyeri otot. 

9. Teh chamomile

Rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang selanjutnya adalah teh chamomile. Teh chamomile merupakan obat penurun panas alami yang baik digunakan saat demam.

Moms bisa membeli chamomile di toko obat herbal. Untuk cara penggunaannya, rebus air dan rendam daun teh chamomile selama 1 menit. Lalu, tambahkan madu ke dalamnya.

Setelah jadi, secangkir teh tersebut dapat diberikan untuk bayi sebanyak dua kali sehari. Teh herbal ini mampu mengurangi demam anak sehingga bisa cepat pulih.

Biasanya tidak ada perubahan rasa yang terjadi pada teh chamomile sehingga anak dapat menikmatinya. 

10. Air garam

Pilihan bahan alami lainnya sebagai obat panas dalam pada anak adalah berkumur air garam. Hal ini dilakukan agar perasaan sakit pada tenggorokan terasa lebih baik.

Untuk membuatnya, ambil satu gelas berisi air hangat dan larutkan satu sendok garam. Minta anak untuk berkumur selama beberapa menit.

Untuk diperhatikan, cara ini hanya bisa diberikan pada anak yang sudah bisa berkumur. Sekarang Anda tahu berbagai bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat panas dalam untuk bayi.

Penyesuaian usia dan kemampuan makan anak perlu dilakukan dalam pemilihan bahan alami tersebut. Hal ini untuk mendapatkan pengobatan yang efektif serta mencegah masalah lainnya terjadi.

Itulah beberapa rekomendasi bahan alami obat panas untuk bayi yang wajib Moms ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News