HOME, Keluarga

Moms Sering Masak Daging? Simak 4 Cara Pilih Daging Sapi yang Masih Segar

Moms Sering Masak Daging? Simak 4 Cara Pilih Daging Sapi yang Masih Segar

MOMSMONEY.ID - Daging sapi yang baik dan segar selalu memiliki kekhasannya tersendiri. Daging segar sangat mudah dibedakan baik secara visual maupun saat disentuh.

Untuk Moms yang sering memasak daging sapi, jangan sampai salah, ternyata ada cara-cara memilih daging sapi yang masih segar, loh!

Daging sapi yang masih segar berpengaruh erat terhadap rasa daging sapi yang dihasilkan! Jadi daripada salah memilih daging sapi yang akan dikonsumsi, lebih baik simak yuk 4 cara memilih daging sapi yang masih segar dan baik.

Melansir dari Maggi dan Tasty Craze, berikut selengkapnya!

Baca Juga: Sambut Halloween dengan Permainan Dalgona Candy Ala Squid Game, Ini Resepnya!

Cek Warna Daging

Moms, daging sapi yang segar sangat mudah dibedakan hanya dengan melihatnya saja, lo! Dengan mengecek lewat warna daging, kita dapat dengan mudah mengetahui apakah daging sapi termasuk ke dalam golongan yang masih segar ataupun sudah tak segar.

Daging sapi yang sudah tak segar biasanya berwarna merah pucat. Sementara daging sapi yang berwarna merah keunguan biasanya telah terpapar oksigen. Namun, daging sapi merah keunguan ini masih baik apabila ingin dikonsumsi.

Baca Juga: Sering Beli Sayur di Pasar? Berikut 5 Cara Mencuci Sayuran yang Tepat

Daging Sapi Segar

Kebersihan tempat

Kebersihan tempat jai salah satu indikasi utama dalam memilih daging sapi yang segar, loh! Jadi, jangan abaikan hal yang satu ini, Moms!

Saat memilih daging segar, perhatikan apakah sang penjual memenuhi kriteria ideal dalam hal kebersihan seperti: memakai masker, sarung tangan khusus, celemek, hingga tingkay kebersihan tempat yang bisa ditinjau berdasarkan banyak tidaknya lalat.

Semakin banyak lalat, semakin Moms harus waspada karena lalat merupakan hewan pembawa larva dan bakteri dari sampah yang mengancam kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Hobi Stok Bawang? Simak Cara Simpan Bawang Supaya Awet dan Tidak Mudah Busuk

Tingkat kekenyalan

Daging sapi yang segar memeiliki tingkat kekenyalan yang baik. Daging sapi segar biasanya apabila ditekan oleh telunjuk, maka teksturnya akan kembali ke semula.

Apabila daging sapi ketika ditekan, bentuknya tak kembali ke semula, maka daging sapi tersebut terindikasi tak segar. Sebab, daging sapi yang sudah lama terkontaminasi oksigen dapat menyebabkan daging jadi lembek, sehingga tak lagi kenyal.

Baca Juga: Sering Masak Ikan Goreng? Intip 4 Cara Menggoreng Ikan Tanpa Takut Minyak Meletup

Aroma

Daging sapi yang masih segar biasanya serat maupun ototnya masih menempel pada tulang. Selain itu juga menimbulkan aroma khas daging mentah. Namun, aroma ini bukanlah aroma busuk.

Aroma khas daging segar biasanya muncul tergantung suhu kamar yang ditempatkan setelah daging dipotong. Aroma ini memang khas namun tidak terlalu menyengat. Daging yang sudah tak segar biasanya berbau menyengat.

Selanjutnya: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News