HOME, Bugar

Moms Sedang Program Hamil? Begini Cara Cek Kesuburan Suami

Moms Sedang Program Hamil? Begini Cara Cek Kesuburan Suami

MOMSMONEY.ID - Cek kesuburan suami juga lumrah dilakukan jika istri sedang melakukan program hamil. Hal ini penting demi mengetahui masa subur suami.

Faktanya, para laki-laki kerap melewati masa-masa kesuburan yang sama dengan perempuan. Jika kesuburan perempuan ditandai dengan datangnya siklus bulanan menstruasi, pada pria masa subur pria dikaitkan dengan kualitas dan jumlah sperma yang dikeluarkan ketika ejakulasi.

Baca Juga: Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Seks Sejak Dini Kepada Anak

Untuk memperbesar peluang hamil, pasangan suami istri perlu mengetahui lebih lanjut cara mengecek kesuburan pria. 

Salah satu metode paling umum dan mudah dilakukan adalah cek kesuburan suami berdasarkan waktu. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa cara menghitung masa subur suami adalah dengan melihat jam.

Masa subur laki-laki akan meningkat saat di pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB. Proses ejakulasi yang dilakukan di pagi hari memberikan peluang lebih besar terjadinya pembuahan.

Baca Juga: Mitos-Mitos Menstruasi ini Masih Sering Dipercaya Kaum Hawa

Cara kedua untuk cek kesuburan suami berdasarkan usia. Penelitian menunjukkan bahwa masa subur laki-laki mulai menurun pada usia 40-45 tahun. Kualitas dan kuantitas sperma yang di produksi di atas 50 tahun mulai menurun sehingga peluang kehamilan juga berkurang. 

Selanjutnya: Stres Bisa Mendatangkan Penyakit, Kenali Tanda-Tandanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News