HOME, Bugar

Moms Perlu Tahu! Inilah Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Moms Perlu Tahu! Inilah Manfaat Tidur Siang untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Tidur siang adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakoni anak-anak secara rutin. Ini diperlukan karena tidur siang adalah syarat untuk perkembangan fisik dan mental anak sejak dini. 

Tidur siang juga dapat membantu anak untuk mengembalikan staminanya setelah aktif seharian beraktivitas.

Durasi tidur yang berkualitas juga dapat membantu anak menjaga mood dan suasana hatinya tetap ceria dan bersemangat. 

Kebanyakan orang tua meremehkan kuantitas tidur anak. Padahal, anak yang kurang tidur akan berdampak pada perilaku dan mood-nya.

Bahkan, kalau anak kurang tidur bisa membuat anak cepat lelah dan tidak bisa berkonsentrasi. 

Baca Juga: Anda Harus Tahu, Inilah 5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat

Dilansir dari Kids Health, inilah beberapa manfaat tidur siang untuk anak yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Memperbaiki suasana hati anak

Manfaat tidur siang untuk anak yang pertama dalah memperbaiki suasana hati anak. Tidur siang juga dapat menjaga dan memperbaiki suasana hati anak Anda.

Tidur membuat rasa lelah anak dapat terobati sehingga memiliki suasana hatinya jadi lebih baik. Adapun hal ini bisa mencegah anak mudah marah.

Bahkan, melansir laman St. Louis Children’s Hospital, anak yang tidur siang setiap hari cenderung tidak mudah tersinggung dibandingkan dengan yang tidak tidur siang.

2. Mempermudah anak tidur di malam hari

Manfaat tidur siang untuk anak yang kedua mempermudah anak tidur di malam hari. Tidur siang dapat membantu mengurangi rasa lelah akibat seharian bermain dan beraktivitas.

Kelelahan adalah salah satu faktor yang dapat memicu anak lebih sulit tidur di malam hari. Itulah sebabnya, tidur siang justru akan membuat anak lebih mudah tidur di malam hari.

3. Mengembalikan energi anak

Manfaat tidur siang untuk anak yang ketiga adalah mengembalikan energi anak. Sama seperti orang dewasa, tidur siang juga bisa membantu mengisi ulang energi anak.

Terlebih lagi, anak kerap merasa kelelahan karena aktivitas fisik, termasuk anak bermain di luar rumah, dan proses belajar yang ia lakukan.

Dengan tidur siang, anak menjadi lebih rileks dan segar sehingga bisa kembali melanjutkan aktivitasnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Asma Kambuh di Malam Hari yang Perlu Diwaspadai

4. Mendukung proses belajar anak

Manfaat tidur siang untuk anak yang keempat adalah mendukung proses belajar anak. Tidur siang dapat membantu anak mengingat hal-hal yang sudah mereka pelajari.

Tak hanya itu, mereka pun akan lebih mampu untuk fokus. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang tidur siang lebih unggul dalam permainan yang mengandalkan ingatan.

Manfaat ini akan semakin optimal bila tidur siang dilakukan secara rutin.

5. Menjaga berat badan anak tetap sehat

Manfaat tidur siang untuk anak yang kelima adalah menjaga berat badan anak tetap sehat. 

Penelitian menunjukkan bahwa anak yang tidak cukup tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur akan lebih mudah mengalami obesitas.

Hal ini dikaitkan dengan munculnya kecenderungan anak untuk makan lebih banyak saat ia lelah.

Ketika anak mengalami peningkatan nafsu makan, mereka juga cenderung memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang kurang baik.

Selain itu, kelelahan juga akan membuat anak kurang aktif, sehingga berat badan pun lebih mudah naik.

Mulailah membiasakan Si Kecil untuk tidur siang. Selain itu, saat Si Kecil tidur siang, Anda juga akan memiliki jeda untuk istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News