Keluarga

Moms Perlu Tahu, Ini Lama Waktu Ideal Menyimpan Ikan di dalam Kulkas

Moms Perlu Tahu, Ini Lama Waktu Ideal Menyimpan Ikan di dalam Kulkas

MOMSMONEY.ID - Pada dasarnya, menyimpan ikan di dalam kulkas adalah salah satu langkah menghemat uang. Namun, menyimpan daging ikan dalam kulkas juga ada batasnya!

Perlu diketahui, ikan dapat dikategorikan menjadi 2 hal, yakni ikan segar & ikan beku. Ikan segar adalah ikan yang baru ditangkap. Jenis ikan ini tergolong lebih sehat dan punya masa simpan yang sangat sebentar.

Sementara ikan beku merupakan jenis ikan yang telah mengalami proses pembekuan. Jenis ikan ini biasa dijual di swalayan. Masa simpannya bisa sangat lama, mulai dari bulanan hingga tahunan.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Ikan beku

Ikan Beku

Idealnya, daging ikan beku (jenis apapun) dapat awet hingga beberapa bulan jika disimpan dalam freezer bersuhu -18 Celcius atau lebih rendah dari itu.

Melansir dari Martha Stewart, ikan beku ini tetap terlihat baik karena diberi polifosfat dalam jumlah kecil yang tentu tidak berbahaya bagi manusia.

Polifosfat inilah yang membantu daging tetap terlihat baik meski disimpan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Sayangnya, melansir dari Express, semakin lama Anda menyimpan ikan dalam freezer, semakin rendah kualitas dagingnya. Daging akan terkena freezer burn atau kondisi dimana daging jadi sekeras batu akibat dehidrasi karena terlalu lama berada dalam lemari pendingin.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Ikan segar

Berbeda dengan ikan beku, berbeda pula dengan ikan segar. Ikan segar umumnya dapat disimpan dalam waktu yang sangat singkat, yakni selama 2 hari saja freezer.

Food and Drug Administration yang dikutip dari Times of India merekomendasikan agar Anda menyimpan daging ikan segar dan aneka makanan laut lainnya seperti cumi, udang, hingga kerang hanya untuk 1-2 hari saja.

Meski demikian, lama waktu ideal menyimpan ikan juga bergantung pada jenis ikan & tingkat kesegarannya.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Ikan Segar

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Seperti ikan bass, tuna, salmon, swordfish, dan trout yang hanya akan bertahan selama 3-5 hari pada suhu kulkas. Sementara jenis ikan berminyak seperti makarel, sarden, dan bluefish baik dan akan bertahan kurang dari 3 hari saja.

Namun, waktu ideal ini hanya bisa dicapai apabila ikan telah melalui tahapan pencucian, pengeringan, dan disimpan dalam wadah kedap udara seperti aluminium foil sebelum dimasukkan ke dalam kulkas/freezer.

Tapi idealnya, ikan masih memiliki kualitas daging dan sumber nutrisi yang belum berkurang apabila disimpan selama kurang dari 2 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News