HOME, Bugar

Moms Perlu Tahu! Ini Cara Mengatasi Kapalan pada Kaki

Moms Perlu Tahu! Ini Cara Mengatasi Kapalan pada Kaki

MOMSMONEY.ID - Kapalan (callus) adalah bagian kulit yang menebal atau mengeras sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap tekanan dan gesekan berlebihan.  

Kulit yang kapalan biasanya berwarna kekuningan dan menjadi kurang sensitif. Kapalan umumnya muncul di kaki, tapi bisa juga muncul di jari dan tangan, dilansir dari Everyday Health.

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kapalan pada kaki yang bisa Anda lakukan, antara lain: 

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal yang Bisa Meringankan Penyakit Cacar Air

1. Dioles dengan getah daun kamboja

Cara mengatasi kapalan pada kaki yang pertama adalah dengan dioles dengan getah daun kamboja. Hal ini karena adanya kandungan vitamin E dan emolien yang baik untuk kulit. 

Cara menggunakannya cukup mudah dengan cukup ambil daun kamboja yang masih muda dan ambil getahnya. Lalu, oleskan pada bagian kulit yang kapalan. 

2. Plester atau gel penghilang kapalan

Cara mengatasi kapalan pada kaki yang kedua adalah menggunakan plester atau gel penghilang kapalan. 

Dokter dapat memberikan plester (patch) atau gel dengan kandungan asam salisilat sebanyak 40 persen. Dokter pun akan memberi tahu seberapa sering plester perlu diganti. 

Sebelum menempelkan plester atau mengoleskan gel, kapalan sebaiknya dibersihkan lebih dulu guna menghilangkan kulit mati. 

3. Dioles dengan minyak jarak

Cara mengatasi kapalan pada kaki yang ketiga adalah bisa dioles dengan minyak jarak. Minyak jarak juga menjadi solusi lain yang bisa Anda pakai untuk meringankan luka akibat kapalan. 

Untuk penggunaan sebagai obat kapalan, Anda cukup menuangnya pada kapas dan menotolkannya perlahan pada luka. Lalu, tempelkan plester. 

Baca Juga: Bisa Dicoba! Inilah Cara Menghilangkan Koreng pada Kaki Secara Alami

4. Rendam kaki di air hangat

Cara mengatasi kapalan pada kaki yang keempat adalah dengan merendam kaki di air hangat. Lakukan secara rutin agar kapalan segera mengempis dan menghilang. 

Cukup panaskan air hingga mencapai suhu ruam kuku, atau sekitar 40 derajat celcius, masukkan kaki dan rendam hingga 20 menit.   

Ambil sebuah batu apung yang halus permukaannya dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena kapalan.

5. Gunakan bantalan sepatu

Cara mengatasi kapalan pada kaki yang kelima adalah gunakan bantalan sepatu agar kapalan di kaki tidak menimbulkan rasa nyeri saat berjalan. 

Cobalah untuk menggunakan bantalan sepatu yang bisa dibeli di apotek. Bantalan sepatu akan melindungi kulit yang kapalan dari tekanan.

Jika Anda sudah melakukan beberapa langkah di atas namun kapalan masih tetap ada atau justru semakin parah dan terasa nyeri, sebaiknya periksakan ke dokter kulit atau dokter bedah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News