Moms Perlu Tahu! 5 Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

Reporter: Helvana Yulian
Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:46 WIB
Moms Perlu Tahu! 5 Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Manfaat Rebusan Daun Salam yang Baik untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Daun salam adalah tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan karena memiliki aroma yang khas. 

Ternyata, manfaat daun salam tidak sampai di situ saja. Selain digunakan sebagai penyedap masakan, daun dan minyaknya juga berguna sebagai obat.

Selain itu, tanaman dengan nama latin Syzygium polyanthum ini punya banyak khasiat untuk dunia kesehatan dan kecantikan. Manfaat daun salam yakni mengandung senyawa seperti niasin, serat, tannin, dan vitamin C.

Baca Juga: 5 Manfaat Kandungan Nutrisi Kemiri untuk Kesehatan Tubuh

1. Memperbaiki saluran pencernaan

Menurut jurnal 2019 yang diterbitkan dalam Medicinal Plants of South Asia Journal, manfaat daun salam tidak hanya menambah cita rasa yang enak pada makanan, tetapi juga membantu meredakan sakit perut, infeksi saluran cerna, perut kembung, kembung, sembelit, dan diare. 

2. Mencegah kanker

Penelitian memaparkan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah pertumbuhan sel dan kanker lambung. Bukan hanya itu, ekstrak daun ini juga dianggap ampuh mengatasi peradangan, nyeri sendi, dan ketombe.

3. Anti peradangan

Salah satu manfaat daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Hal ini dikonfirmasi oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Phytotherapy.

Manfaat daun salam mengandung fitonutrien unik, yang disebut parthenolide, yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika dioleskan ke area yang terkena, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena arthritis. 

4. Menurunkan gula darah dan kolesterol

Daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.

5. Mengobati batu ginjal

Daun salam dipercaya mampu mengurangi jumlah enzim urease penyebab batu ginjal dan gangguan lambung. Meski demikian, manfaat daun salam ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: 10 Gejala Kencing Manis yang Bisa Dikenali Sejak Dini

Secara umum, mengonsumsi daun salam sebagai makanan tergolong aman. Anda boleh saja sesekali menambahkan daun salam sebagai pelengkap masakan.

Namun jika hendak mengonsumsinya sebagai obat herba, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter. Pasalnya, daun salam mungkin dapat menimbulkan efek samping atau memengaruhi obat-obatan yang Anda konsumsi.

Selanjutnya: 5 Vitamin yang Wajib Dipenuhi Selama Kehamilan

Editor: Helvana Yulian
Terbaru