Bugar

Moms, Membasmi Kutu Rambut Bisa Pakai Bahan Alami

Sumber: Kompas.com
Minggu, 20 Juni 2021 | 08:00 WIB
Moms, Membasmi Kutu Rambut Bisa Pakai Bahan Alami

MOMSMONEY.ID - Jakarta. Info penting untuk bunda yang tengah mencari cara membasmi kutu rambut untuk anaknya. Cara membasmi kutu rambut bisa menggunakan bahan-bahan alami, lho....

Bahkan, bahan alami ini tidak hanya menghilangkan kutu rambut saja, tapi juga membunuh telurnya. Sehingga penanganan kutu rambut bisa tuntas.

Kutu rambut adalah salah masalah yang terjadi pada anak-anak. Kutu rambut bisa mempengaruhi sikap anak-anak karena bisa mengganggu konsentrasi dan fokus akibat sering menggaruk rambut. Namun tenang saja, ada bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat kutu rambut untuk anak-anak.

Kutu adalah serangga kecil yang memakan darah manusia. Ukuran kutu dewasa biasanya berkisar 2-3 milimeter dan bertelur di rambut, dekat dengan kulit.

Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kutu rambut dapat menyerang rambut kemaluan, bulu mata, dan alis, meskipun mereka kebanyakan hidup di kulit kepala. Ketika kutu sudah bertelur, ia akan berkembang dengan cepat.

Untuk membunuh kutu, dibutuhkan eliminasi sampai ke telurnya. Sebab, jika seseorang hanya membunuh serangganya saja, telur bisa menetas dan kutu tidak akan hilang.

Banyak orang percaya bahwa pengobatan rumahan dapat membunuh kutu, telur, atau keduanya. Di bawah ini beberapa cara membasmi kutu rambut dan telurnya secara aman menggunakan bahan alami.

1. Minyak adas manis

Salah satu cara membasmi kutu rambut dan telurnya secara aman dengan bahan alami adalah menggunakan minyak adas manis. Sebuah penelitian berjudul “Interventions for treating head lice” mengungkapkan, minyak adas manis dapat melapisi dan membunuh kutu.

Sebuah studi lain pun mengungkapkan hal yang sama. Studi tahun 2018 tentang pengobatan alami untuk kutu pada anak-anak menemukan bahwa minyak adas manis adalah salah satu pengobatan alami yang paling efektif. Orang yang ingin membeli minyak adas manis dapat menemukannya di toko makanan kesehatan dan online.

Baca Juga: Cara Mudah Melatih Anak Menggunakan Toilet, Mama Muda Perlu Tahu

2. Minyak zaitun

Cara lain membasmi kutu rambut dan telurnya secara aman adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun menawarkan manfaat yang serupa dengan minyak adas manis.

Minyak yang terkenal memiliki beragam khasiat ini berpotensi membunuh kutu dan mencegahnya kembali. Seperti minyak adas manis, minyak ini berada di antara obat paling efektif dalam studi yang sama.

Orang yang menginginkan pengobatan rumah yang sangat efektif harus mempertimbangkan untuk menggunakan minyak zaitun dan minyak adas manis secara bersama-sama.

Simak bahan alami sebagai obat kutu rambut untuk anak-anak di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru
momsmoney.id