HOME, InvesYuk

Moms, Mari Menghitung Porsi Investasi Sebelum Masa Tua Datang

Moms, Mari Menghitung Porsi Investasi Sebelum Masa Tua Datang

MOMSMONEY.ID - Moms, berapakah porsi investasi Anda saat ini?

Nah, idealnya porsi investasi seseorang, adalah sekitar  10% hingga 30% dari pendapatan per bulan.

Akan tetapi, Risza Bambang, perencana keuangan One Shildt Financial Planner menekankan agar tidak semata berpatokan pada nilai itu. Alangkah baiknya jika Anda memprioritaskan investasi dibandingkan dengan memenuhi gaya hidup. 

Sebaiknya Anda menghitung porsi investasi dengan cara pendapatan dikurangi dengan pengeluaran. Jika ada kelebihan uang 45%-50% dari hasil tersebut, itulah yang diinvestasikan.

"Jangan dipatok 30%. Lebih baik, sisa uang dikelola  daripada dibelanjakan yang tidak penting," saran Risza.

Risza menyebutkan saat seseorang semakin tua pun seharusnya nilai investasi semakin besar. Presentasenya bisa saja tetap. tetapi dengan kenaikan gaji tiap tahun tentu nilai investasi akan semakin besar. Lebih baik lagi jika presentasenya diperbesar sementara biaya gaya hidupnya yang ditekan.

Baca Juga: Perempuan dan Laki-Laki Beda Karakter Investasinya, Benarkah?

Misalnya saja sekarang ini gaji yang Anda dapatkan Rp 10 juta.  Pengeluaran Anda sekitar Rp 7 juta maka investasi Anda bisa Rp 3 juta. Sementara, jika dua tahun lagi gaji Anda Rp 15 juta, pengeluaran Anda tetap di kisaran Rp 7 juta, maka sebenarnya porsi dan presentase investasi Anda bisa lebih ditingkatkan.

Hanya saja, Risza melihat kebanyakan orang makin besar pendapatannya makin besar pula gaya hidupnya. Yang awalnya ke kantor cukup naik motor karena naik jabatan atau naik gaji memutuskan kredit mobil untuk menjaga gengsi. Peningkatan gaya hidup, tentu saja akan membutuhkan alokasi anggaran dari pendapatan Anda. 

Maka, segeralah memutuskan jalan investasi Anda. Ingat juga untuk selalu memilih instrumen investasi yang sesuai dengan karakter investasi Anda dan tidak silap mata semata oleh iming-iming imbal hasil besar yang tak masuk akal.             

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News