HOME, Bugar

Moms, Ketahui Ciri-Ciri dan Penyebab Skin Barrier yang Rusak

Moms, Ketahui Ciri-Ciri dan Penyebab Skin Barrier yang Rusak

MOMSMONEY.ID - Jika Anda merasa masalah kulit wajah tidak bisa diatasi walaupun telah menggunakan berbagai macam produk, tandanya ada masalah dengan skin barrier Anda. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, skin barrier adalah lapisan pelindung paling luar kulit yang menjaga kulit dari berbagai kerusakan.

Anda perlu memahami dari ciri-ciri skin barrier yang rusak seperti apa, lalu Anda perlu menulusuri penyebab skin barrier Anda bisa menjadi bermasalah. Oleh kerena itu, berikut penjelasan singkat mengenai ciri-ciri dan penyebab skin barrier rusak, masih bersumber dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

  • Ciri-ciri skin barrier rusak

Skin barrier yang rusak pasti mempunyai ciri-ciri yang akan terlihat dan dirasakan oleh Anda. Ciri-ciri skin barrier yang rusak seperti:

  • Kulit menjadi kering, mengelupas, dan bersisik,
  • Kulit menjadi kusam
  • Kulit terasa gatal dan kemerahan,a
  • Kuilt terasa sangat berminyak dan kasar
  • Muncul jerawat pada kulit

Selain dari ciri-ciri di atas, skin barrier yang rusak juga terasa seperti ketarik. Sehingga Anda perlu mendapatkan penanganan tepat oleh dokter yang lebih ahli. 

Baca Juga: Harus Rutin, 4 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Bahan Alami

  • Penyebab skin barrier rusak

1. Produk skincare berbahan keras

Cara penyebab skin barrier rusak adalah penggunaan produk skincare berbahan keras. Hal ini biasanya ditandai dengan kulit wajah mengelupas dan kering. Sehingga kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab skin barrier rusak.

2. Eksfoliasi yang berlebihan

Melakukan eksfoliasi yang berlebihan bisa membuat skin barrier Anda terkikis. Bukannya mengangkat sel kulit mati, tetapi lapisan pelindung kulit terluar Anda akhirnya menjadi rusak.

3. Tidak menjaga kelembapan kulit

Penyebab skin barrier rusak selanjutnya adalah tidak menjaga kelembapan kulit. Hal ini memang sering terjadi terutama bagi pemilik kulit berminyak. Banyak yang beranggapan tidak perlu mengaplikasikan pelembap ke wajah karena membuat wajah semakin berminyak. Padahal, setiap jenis kulit wajah membutuhkan pelembab agar tetap sehat dan ternutrisi. 

4. Paparan sinar matahari

Baik di dalam ataupun di luar ruangan penggunaan sunscreen tetap dibutuhkan. Sebab, paparan sinar matahari menjadi penyebab kulit rusak yang paling menakutkan, termasuk pada potensi kerusakan lapisan kulit terluar atau skin barrier.

5. Kurang tidur, stres, radikal bebas dan faktor usia

Penyebab skin barrier rusak lainnya adalah kurang tidur, stres, terpapar polusi dan radikal bebas dapat memperparah masalah skin barrier Anda. Faktor lain seperti usia yang menua juga dapat menyebabkan kondisi skin barrier Anda menurun.

Selanjutnya: Cantik dan Berkilau, 4 Cara Membuat Kuku Pink Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News