Bugar

Moms, Kenali Manfaat Kacang Polong Ini untuk Kesehatan Tubuh

Moms, Kenali Manfaat Kacang Polong Ini untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Kacang polong adalah satu dari sekian banyak jenis kacang-kacangan dengan bentuk fisik bulat, berukuran kecil, dan berwarna hijau khas yang tampak segar.

Kacang polong juga sumber serat dan protein yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Kacang ini menyimpan banyak antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas.

Selain itu, seperti yang dirangkum dari Mayo Clinic, inilah beberapa manfaat kacang polong untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai, Ini 5 Bahaya Sering Mengonsumsi Ikan Mujair

Membantu menjaga gula darah

Sebuah penelitian pada 2011 yang dimuat di British Journal of Nutrition menguji sekelompok orang dengan berat badan berlebih dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

Hasilnya, makan 50 gram olahan tepung atau kacang polong utuh per hari selama 28 hari dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Menjaga imunitas tubuh

Di masa-masa pandemi seperti saat ini, penting sekali untuk menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari infeksi virus dan bakteri. Salah satu cara menjaganya dengan menerapkan pola makan yang sehat.

Ternyata, manfaat kacang polong berguna juga untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca Juga: Sering Masak Pakai Alumunium? Kenali Bahaya Alumunium untuk Kesehatan

Memberikan energi untuk tubuh

Manfaat kacang polong lainnya adalah memberikan energi untuk tubuh. Kacang polong menjadi sumber zat besi yang baik untuk kesehatan.

Jika asupan zat besi kurang, maka tubuh tidak dapat membuat cukup sel darah merah pembawa oksigen yang sehat sehingga menyebabkan kekurangan hemoglobin.

Menurunkan risiko penyakit ginjal akibat hipertensi

Seorang ahli pangan di University of Manitoba, Canada bernama Dr. Rotimi Aluko menjelaskan bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama bagi orang yang punya penyakit ginjal kronis.

Tak jarang, orang dengan penyakit ginjal tahap akhir harus rutin melakukan cuci darah hingga transplantasi ginjal karena keparahan penyakitnya.

Itulah manfaat kacang polong untuk kesehatan Anda dan anggota keluarga. Masukkan kacang polong dalam menu harian Anda agar bisa merasakan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News