Bugar

Moms, Kenali Gejala Umum Muntaber pada Anak

Moms, Kenali Gejala Umum Muntaber pada Anak

MOMSMONEY.ID - Muntaber merupakan penyakit yang dapat menular. Untuk itu, sebaiknya ibu ketahui berbagai penyebab yang bisa menyebabkan anak mengalami muntaber. 

Muntaber atau gastroenteritis sendiri merupakan masalah yang menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan, terutama usus besar, lambung, dan usus kecil. 

Dilansir dari Kids Health, gejala umum yang dialami anak setelah mengalami muntaber adalah mual dan diare parah. Beberapa anak mengalami kondisi demam sebagai gejala awal.

Bahayanya, saat anak banyak mengeluarkan cairan saat diare dan muntah, tubuh dapat mengalami dehidrasi. Muntaber yang tidak diatasi dapat menyebabkan gejala dehidrasi pada anak.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Gejala dan Cara Mengobati Muntaber

Tentunya saat dehidrasi pada anak tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Untuk itu, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit saat anak mengalami beberapa gejala dehidrasi, seperti:

  • Mulut yang kering.
  • Berkurangnya frekuensi buang air kecil.
  • Tubuh yang terasa dingin.
  • Lemas.
  • Urine yang berwarna gelap.

Sebagai langkah pertolongan pertama, ibu bisa tanyakan langsung pada dokter perawatan yang perlu didapatkan anak untuk mencegah dehidrasi bertambah buruk. 

Beberapa jenis obat-obatan yang diberikan oleh dokter hanya digunakan untuk mengurangi gejala pada anak sehingga anak merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Kenali Gejala Muntaber dan Cara Mengobatinya

Selain itu, ibu juga bisa melakukan berbagai perawatan di rumah agar kesehatan anak semakin membaik, seperti hindari memberikan anak makanan yang memiliki rasa cukup kuat.

  • Berikan anak makanan yang lembut dengan rasa yang ringan. Ibu bisa memberikan anak bubur atau sup sayur.
  • Berikan anak cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Pastikan anak mengonsumsi air putih yang cukup.
  • Siapkan camilan sehat untuk anak, misalnya agar-agar, pisang, atau roti.

Selalu ingatkan anak untuk menjaga kebersihan tangan. Ajarkan anak mengenai cara cuci tangan yang tepat untuk menghindari berbagai penyakit yang bisa disebabkan akibat tangan yang kotor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News