HOME, Bugar

Moms, Kenali Bahaya Blue Light Saat Menatap Layar

Moms, Kenali Bahaya Blue Light Saat Menatap Layar

MOMSMONEY.ID - Kebijakan work from home dan school from home membuat sebagian besar aktivitas bergantung pada layar komputer atau ponsel.

Padahal, jika dibiarkan, paparan layar komputer atau ponsel yang terlalu lama bisa berakibat buruk pada kesehatan mata, lo. Hal ini disebabkan oleh adanya blue light yang dipancarkan oleh layar.

Nah, kalau Moms penasaran apa itu blue light dan apa saja bahayanya, simak penjelasan di bawah yuk!

Baca Juga: Bagaimana SIh Cara Merawat Kulit Kering Saat Cuaca Dingin?

Apa itu blue light?

Dikutip dari WebMD, blue light atau cahaya biru adalah salah satu warna di dalam spektrum cahaya yang ikut membentuk cahaya putih. Moms pernah mendengar kalau warna-warna pelangi bisa membentuk cahaya putih jika disatukan? Nah, cahaya biru ini salah satunya.

Cahaya-cahaya di dalam spektrum ini memiliki panjang gelombang dan kekuatan yang berbeda-beda. Cahaya biru sendiri mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dan energi yang lebih besar dibandingkan warna lainnya.

Cahaya biru biasanya terdapat dalam cahaya matahari. Namun, dengan perkembangan teknologi, cahaya biru juga dapat dijumpai dalam perangkat yang menggunakan cahaya LED, seperti lampu dan layar komputer.

Apa dampak blue light bagi tubuh kita?

Menurut artikel dari Harvard Health Publishing, blue light atau cahaya biru sebenarnya bermanfaat untuk meningkatkan perhatian, waktu reaksi, dan mood. Oleh karena itu, cahaya biru dianggap bisa meningkatkan produktivitas pada siang hari karena cahaya biru banyak didapatkan dari sinar matahari. 

Namun, kelebihan dari cahaya biru ini justru malah berdampak buruk pada malam hari.

Bayangkan saja, saat Moms seharusnya beristirahat di malam hari tapi malah terpapar cahaya biru terus-terusan, tubuh akan memberi sinyal untuk tetap terjaga. Hal tersebut bisa mengacaukan siklus tidur harian tubuh dan membuat jam tidur terganggu lo, Moms.

Dikutip dari Healthline, terpapar cahaya biru dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan mata lebih jarang berkedip. Akibatnya, mata akan cepat kering dan otot mata mengalami kelelahan.

Baca Juga: 5 Kandungan Bahan Skincare Penghilang Bekas Jerawat

Bagaimana cara menghindari bahaya blue light?

Jika memang harus menggunakan komputer atau ponsel dalam waktu lama, apa yang bisa dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir dampak buruk cahaya biru?

Harvard Health Publishing dan Healthline memberikan beberapa tips yang bisa diterapkan, di antaranya:

  • Hindari menggunakan gawai minimal 2 atau 3 jam sebelum tidur.
  • Untuk Moms yang berkacamata, gunakan kacamata dengan blue light filter.
  • Pasang aplikasi blue light filter di ponsel atau komputer. Moms juga bisa menggunakan fitur blue light filter yang sudah tersedia di ponsel, jika ada.
  • Jaga agar mata tidak kering. Moms bisa menggunakan tetes mata atau room humidifier.

Perkembangan teknologi memang bagus, tapi sebagai penggunanya, Moms juga harus pintar-pintar memanfaatkannya, ya! Jangan lupa sesekali beristirahat jika sedang menggunakan gawai, supaya kesehatan mata tetap terjaga.

Selanjutnya: Mengenal Kalori Defisit dan Tips Mudahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News