Bugar

Moms, Kenali 5 Cara Ampuh Mencegah Sembelit pada Balita

Moms, Kenali 5 Cara Ampuh Mencegah Sembelit pada Balita

MOMSMONEY.ID - Orang tua perlu mencegah sembelit atau konstipasi pada anak karena kondisi ini sering membuatnya tidak nyaman.

Anak rentan mengalami sembelit karena tidak cukup makan serat atau minum air. Selain konsumsi serat dan air, cari tahu juga cara tepat mencegah sembelit pada anak.

Pencegahan tersebut bisa mulai dilakukan dari perubahan pola makan sampai menerapkan kebiasaan harian yang baik. 

Agar lebih jelas, seperti dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara untuk mencegah sembelit pada anak, antara lain: 

Baca Juga: Kenali Manfaat Buah Bengkoang untuk Tubuh. Cari Tahu Yuk!

Membiasakan anak makan serat

Salah satu cara yang cukup ampuh cegah sembelit adalah menyediakan lebih banyak menumakanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah-buahan segar.

Mengutip dari Kids Health, tubuh lebih cepat mencerna serat lebih sehingga usus anak tidak perlu bekerja terlalu keras saat mengejan.

Sediakan juga buah untuknya sebagai makanan pencuci mulut atau camilan, seperti potongan buah naga, apel, atau pir. 

Banyak minum air putih 

Sebagian besar tubuh manusia adalah air, karena itu mengonsumsi cukup air putih adalah hal yang penting. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Banyak minum air putih bisa membantu kerja sistem pencernaan. Orang dewasa disarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Anda lakukan Jika Ingin Segera Hamil setelah Menikah

Ajak anak rutin berolahraga 

Aktivitas fisik ternyata juga berpengaruh pada kondisi pencernaan. Untuk mencegah sembelit, disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari.

Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Aktivitas ringan yang dilakukan secara rutin nyatanya tetap bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. 

Rutin periksa ke dokter

Apabila anak sembelit dengan gejala lain, sebaiknya segera periksakan lebih lanjut ke dokter. Ini adalah cara agar dapat mengetahui adanya kemungkinan penyakit tertentu beserta rencana pengobatannya.

Anda juga perlu memantau perkembangan dan pertumbuhan si kecil setiap saat agar dapat mendeteksi masalah sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News