Bugar

Moms Jangan Panik! Ini 3 Obat Ampuh untuk Mengatasi Sariawan pada Bayi

Moms Jangan Panik! Ini 3 Obat Ampuh untuk Mengatasi Sariawan pada Bayi

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi yang bisa Moms berikan.

Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi sariawan. Keberadaan sariawan yang dialami bayi sering kali membuatnya tidak nafsu makan atau menyusu. 

Sariawan dapat membuat bayi merasa perih setiap kali ada benda masuk ke mulutnya dan hal ini menjadi salah satu penyebab bayi rewel dan menangis terus. 

Sariawan pada bayi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti mengalami trauma pada mulut, entah tergigit atau terbentur, dikutip dari Pregnant Education.

Sariawan biasanya muncul di area bibir depan, kanan kiri dinding mulut, langit-langit mulut, dan lidah.

Dilansir dari Pregnant Education, inilah beberapa obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi yang bisa Moms berikan, antara lain: 

Baca Juga: Daftar Obat Radang Tenggorokan di Apotek yang Bisa Meredakannya

1. Obat topikal

Obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi yang pertama adalah obat topikal. 

Salah satu obat sariawan bayi yang bisa dibeli di apotek manapun yaitu obat topikal dengan kandungan hyaluronic acid 0,2 persen. 

Hyaluronic acid mengobati dengan melapisi lapisan paling luar sariawan sehingga saraf yang terbuka akibat sariawan tidak terlalu sensitif.  

Proses pengobatannya pun tidak menimbulkan nyeri, sehingga bayi bisa menyusu atau makan tanpa rasa sakit dalam waktu tertentu. 

Obat ini meningkatkan hidrasi pada jaringan mulut yang sariawan, dengan begitu bisa mempercepat penyembuhan sariawan bayi.

Tidak perlu khawatir, obat ini aman digunakan pada sariawan bayi, baik yang berukuran kecil hingga berukuran agak besar.   

2. Obat oles khusus

Obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi yang selanjutnya adalah obat oles khusus dari dokter. Obat lain yang bisa menghilangkan sariawan dengan cepat pada bayi adalah obat oles.

Obat oles ini aman dipakaikan di area mulut bayi. Umumnya, obat ini akan memberikan sensasi dingin sehingga dapat membantu meredakan sakit akibat sariawan. 

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak, Inilah 5 Manfaat Buah Naga yang Bisa Dirasakan

3. Perbanyak cairan 

Obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi yang terakhir adalah perbanyak cairan untuk bayi. 

Dikutip dari Raising Children, obat ampuh untuk sariawan bayi adalah dengan memperbanyak asupan cairan. Menurutnya obat sariawan bayi yang aman selanjutnya adalah perbanyak cairan. 

Sebenarnya, sariawan ini akan cepat sembuh dan hilang dalam beberapa hari, yaitu sekitar 14 hari. Namun, Anda harus segera membawa bayi ke dokter bila ia mengalami: 

1. Sariawan semakin memerah dan mengeluarkan darah 

2. Sariawan tidak kunjung sembuh meski sudah 14 hari 

3. Area sariawan membengkak 

4. Muncul tanda-tanda dehidrasi seperti urin berwarna pekat, mulut kering dan pusing. 

5. Demam 

Jika kondisi makin parah, sebaiknya langsung membawa bayi Andal ke dokter ya. Itulah beberapa obat ampuh untuk mengatasi sariawan pada bayi  yang bisa Moms berikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News