CLOSE [X]
ads

Moms, Jangan Panaskan Ulang 4 Jenis Makanan Ini Ya! Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 20 Januari 2022 | 08:58 WIB
Moms, Jangan Panaskan Ulang 4 Jenis Makanan Ini Ya! Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

ILUSTRASI. Ayam merupakan salah satu makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan berulang kali karena protein di dalamnya bisa hilang.


MOMSMONEY.ID - Menyimpan makanan sisa untuk dikonsumsi kembali keesokan harinya merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran belanja makanan.

Namun ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali setelah disimpan terlalu lama dalam suhu ruangan.

Berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali setelah disimpan dalam kulkas atau suhu ruangan.

Baca Juga: Luna Maya Lakukan Egg Freezing, Apakah Keuntungan dan Risiko Metode Ini?

Kentang

Kentang masuk dalam daftar makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan. Laman Insider menjelaskan pada lamannya penyebab kentang tidak boleh dipanaskan adalah tergantung dari cara penyimpanannya.

Jika kentang dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan, bakteri yang menyebabkan penyakit botulisme mungkin akan terbentuk. Sehingga memanaskan kembali kentang yang sudah terekspos suhu ruangan terlalu lama tidak akan membunuh bakteri ini. Sebaiknya langsung simpan kentang di dalam kulkas ketika sudah tidak dikonsumsi lagi.

Jamur

Jamur mengandung banyak protein dan enzyme yang baik untuk dikonsumsi. Sehingga memanaskan kembali jamur yang telah berada pada suhu ruangan bisa merusak protein dan enzyme yang ada pada jamur dan menyebabkan sakit perut.

Jika terpaksa untuk menghangatkan jamur pastikan untuk menghangatkan hanya pada sampai suhu 70 derajat celcius agar tidak terlalu panas dan merusak kandungan baik pada jamur.

Baca Juga: Minyak Goreng Turun Harga, Ibu-ibu Berburu ke Minimarket

Ayam

Ayam adalah makanan yang juga sebaiknya tidak dipanaskan kembali setelah dimasak. Makanan hasil peternakan seperti ayam dan telur memiliki protein yang tinggi.

Sehingga laman Independent menyampaikan pada lamannya untuk tidak memanaskan kembali ayam agar tidak kehilangan proteinnya yang rusak karena suhu panas.

Nasi

Nasi yang disimpan terlalu lama pada suhu ruangan akan memicu pembentukan bakteri beracun yang menyebabkan sakit perut dan diare.

Sementara memanaskan kembali nasi tidak akan membuat bakteri tersebut mati. Maka dari itu ada baiknya untuk menyimpan kembali nasi pada kulkas dengan wadah yang rapat agar tidak terkontaminasi dengan suhu ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru