HOME, Santai

Moms Jangan Asal Panaskan Ya! 5 Benda Ini Tidak Boleh Dimasukan Ke Microwave, Loh!

Moms Jangan Asal Panaskan Ya! 5 Benda Ini Tidak Boleh Dimasukan Ke Microwave, Loh!

MOMSMONEY.ID -  Microwave merupakan salah satu peralatan memasak yang mudah dan praktis digunakan oleh siapa pun.

Menggunakan microwave pun juga dapat dilakukan dengan mudah, hanya dengan memasukan makanan pada alat ini untuk memasak maupun memanaskan makanan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Drama Korea Bertema Olahraga, Seru Semua Loh!

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan sebaiknya dihindari untuk dimasukkan ke dalam microwave. Berikut ini adalah daftar beberapa hal yang tidak boleh dimasukkan ke microwave.

Aluminum foil

Barang yang satu ini pastinya sudah banyak dikenal untuk tidak dimasukkan ke dalam microwave. Laman Huffpost menjelaskan bahwa sebaiknya menghindari memasukkan makanan yang dilapisi dengan aluminum foil sebagai pembungkus jika ingin memanaskan makanan. Kandungan metal bisa memicu timbulnya api dan kebakaran yang disebabkan karena microwave.

Styrofoam

Bahan pembungkus makanan dalam bentuk styrofoam juga sebaiknya dihindari untuk dimasukkan ke dalam microwave. Styrofoam merupakan salah satu jenis plastik yang digunakan untuk membungkus makanan. Namun memanaskan kembali makanan yang terbungkus dengan srtyrofoam akan memicu kontaminasi plastik ke dalam makanan.

Baca Juga: Tidak Bikin Overthinking! Tonton 4 Rekomendasi Drama Korea Ringan Ini

Telur

Memasukkan telur mentah ke dalam microwave juga sebaiknya dihindari jika tidak ingin menimbulkan kekacauan dan ledakan dari telur tersebut. Perubahan panas yang cepat pada mesin microwave bisa membuat telur mentah menimbulkan uap yang terperangkap dalam alat microwave dan menyebabkannya pecah dan meledak.

Makanan berkuah tanpa penutup

Makanan berkuah tanpa penutup yang dipanaskan dalam microwave bise membuat kekacauan dari saus yang berceceran di dalam microwave. Terutama saus pasta atau saus yang kental, laman Food Network menjelaskan bahwa konsistensi saus yang kental juga bisa membuat udara dan uap terperangkap dan mengakibatkan saus meledak dan berceceran jika dipanaskan tanpa penutup.

Kertas bungkus

Kertas bungkus yang biasaya digunakan untuk membungkus makanan juga sebaiknya dihindari untuk dimasukkan ke dalam microwave. Kertas bungkus merupakan bahan pembungkus yang tidak aman dan bisa menyebabkan kontaminasi jika dimasukkan dalam microwave yang panas. Selain itu, bahan kertas juga bisa memicu terjadinya kebakaran jika digunakan dalam microwave.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News