HOME, InvesYuk

Moms, Ini Tiga Solusi Mencari Modal Usaha Saat Pandemi

Moms, Ini Tiga Solusi Mencari Modal Usaha Saat Pandemi

MOMSMONEY.ID -  JAKARTA. Penyebaran virus covid-19 membuat kondisi semakin morat-marit. Banyak pihak kehilangan pendapatan ataupun pekerjaan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah pengangguran di Indonesia pada Februari 2021 sebanyak 8,75 juta orang. Jumlah ini meningkat 26,26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni 6,93 juta orang.

Pelemahan kondisi ekonomi ini membuat kita harus mencari solusi agar tetap bertahan bahkan bisa memajukan bisnis lebih kencang. Namun dalam kondisi ekonomi saat ini, tentu sulit untuk mencari modal. Namun jangan pusing dulu ya, simak kiat-kiat mencari sumber modal yang disarikan oleh Jurnal, sebuah software akuntansi dari Mekari.

1. Buka layanan pre-order

Sistem pre-order (PO) merupakan model bisnis di mana pembeli harus bayar di depan, lalu barang akan datang selang beberapa waktu sesuai perjanjian di awal. Untuk konsep bisnis PO ini hanya bisa dilakukan untuk bisnis yang dinamis, terbatas, dan tidak memiliki mata rantai distribusi yang panjang, misalnya, kuliner, pakaian, jam tangan, sepatu, dan kosmetik.

Baca Juga: Anak Gampang Marah? Begini Cara Mengatasinya

Dengan sistem PO ini, Anda bisa menggunakan dana PO untuk produksi awal. Meskipun terkesan mudah, namun sistem PO juga memiliki risiko sendiri, terlebih jika barang yang Anda janjikan tidak bisa diberikan  tepat waktu. Untuk mendapatkan kepercayaan, Anda harus memiliki track record yang baik, pengadaan barang yang tepat, dan kualitas barang yang mumpuni.

2. Ajukan proposal usaha

Cara kedua untuk mencari solusi pendanaan saat pandemi adalah, mengajukan tawaran untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Caranya bisa dengan mengirimkan proposal kerja sama ke pemilik modal lain untuk berinvestasi. Kunci sukses mengajukan proposal adalah membangun konsep bisnis yang mumpuni agar bisa disetujui oleh calon investor.

3. Ajukan pinjaman ke bank

Bank merupakan pihak yang bisa diandalkan untuk memperoleh modal. Jika memutuskan meminjam modal ke bank, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama adalah, adanya jaminan yang bisa diajukan sebagai syarat untuk memperoleh pinjaman.

Baca Juga: Pengguna Kartu Kredit Mandiri, Ada Diskon s.d. Rp300ribu dari PegiPegi

Agar bisa mendapatkan akses dana ini, hal penting yang perlu diingat adalah, mempersiapkan sistem laporan keuangan yang baik dan akurat. Laporan keuangan sangat penting untuk menghindari kesalahan yang terjadi saat penghitungan laporan keuangan. Solusi ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan bantuan software akuntansi.

Ada banyak software akutansi yang bisa diunduh di playstore, salah satunya adalah Jurnal dari Mekari. Software akuntansi ini menyediakan semua jenis keuangan sekaligus grafik kemajuan usaha. Jurnal by Mekari juga memiliki aplikasi pencatatan penjualan (kasir) yang tersinkronisasi otomatis ke dalam sistem Jurnal sehingga Anda dapat memiliki laporan penjualan harian secara langsung.

Baca Juga: Inspirasi Nama Bayi Bernuansa Islami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News