HOME, Bugar

Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

Moms, Ini Tiga Cara Memutihkan Gigi Kuning Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Gigi kuning akan membuat Anda merasa tidak percaya diri dan terlihat kurang bersih. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda harus merawat kesehatan gigi dan mulut.

Melansir dari tanyapepsodent.com, gigi kuning memiliki beberapa penyebab, yaitu :

1. Noda yang menempel di gigi

Makanan dan minuman tertentu dapat menodai gigi, seperti misalnya kopi, teh, tembakau, dan makanan atau minuman dengan pewarna seperti soda. 

2. Penumpukan plak gigi

 Plak gigi dan karang gigi yang menumpuk juga membuat gigi terlihat kekuningan. 

3. Penipisan lapisan email gigi

Email, lapisan terluar gigi, berwarna putih dan melapisi permukaan gigi. Di bawah email gigi ada lapisan mineral lain yang berwarna kuning yang disebut dengan dentin.

Penipisan email berakibat munculnya warna kuning kecokelatan ini, dan bisa disebabkan oleh faktor usia, penyakit gusi, dan beberapa jenis makanan, biasanya yang bersifat asam.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Siwak Yang Harus Anda Tahu

Namun, jika Anda ingin melakukan perawatan gigi di rumah dengan cara alami dan mudah. Ikuti tiga cara memutihkan gigi kuning, yakni:

1. Menyikat gigi dengan bubuk soda kue

Jika Anda tidak memiliki pasta gigi pemutih di rumah, untuk sementara Anda dapat menggunakan bubuk soda kue yang dicampur air dengan perbandingan 2:1 hingga membentuk pasta.

Bubuk soda kue merupakan bahan alami yang dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Namun, karena sifatnya yang abrasive, sebaiknya tidak digunakan secara rutin

2. Mempraktikkan perawatan gigi dan mulut yang baik

Perawatan gigi dan mulut yang baik haruslah konsisten. Terapkan kebiasaan membersihkan mulut dan gigi yang teratur, salah satunya dengan menyikat gigi sebelum tidur. dan 30 menit setelah selesai sarapan.

Memutihkan gigi juga harus dibantu dengan pasta gigi yang mengandung bahan alami dan aman.

3. Menerapkan pola makan sehat 

Mengurangi makanan-makanan manis atau asam, kopi dan teh, serta berhenti merokok tidak hanya merupakan cara terhindar dari permasalahan gigi kuning yang jitu, namun juga bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Makanan yang tinggi serat juga merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai pembasuh mulut dan anti-bakterial alami.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Namun, jika Anda masih belum puas dengan hasil yang didapat, maka Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter gigi. Rawat gigi Anda dan rasakan hasilnya, moms. 

Selanjutnya: Manfaat Daun Neem Untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News