Santai

Moms, Ini Loh 4 Metode Belajar untuk Bantu Tingkatkan Fokus Belajar!

Moms, Ini Loh 4 Metode Belajar untuk Bantu Tingkatkan Fokus Belajar!

MOMSMONEY.ID - Tanggung jawab utama seorang pelajar adalah untuk belajar. Hal tersebut tentunya bisa sangat memusingkan jika tidak dibarengi dengan meningkatkan fokus saat belajar.

Dengan semakin berkembangnya jaman, banyak jenis metode yang ditujukan untuk meningkatkan fokus belajar.

Nah, berikut ini ada beberapa metode yang umum digunakan untuk membantu meningkatkan fokus saat belajar.

Baca Juga: Apa Itu Authoritative Parenting? Inilah Penjelasannya yang Patut Orang Tua Tahu

Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro ini adalah teknik yang dikembangkan oleh Fransesco Cirillo di tahun 1980. Metode ini menggunakan interval waktu tertentu untuk melatih fokus dalam mengerjakan sesuatu atau belajar. Yang kemudian diulangi hingga 4 sesi.

Peralatan yang digunakan untuk melakukan kegiatan belajar dengan metode ini hanyalah alarm atau timer. Timer diatur dalam hitungan 25-30 menit yang kemudian diulangi selama 4 kali dengan jeda istirahat 5 menit.

Teknik Feynman

Feynman adalah seorang ilmuwan terkenal dalam dunia ilmiah. Ia mendapatkan Nobel sebagai ilmuwan karena penemuan-penemuannya. Salah satunya adalah metode teknik belajar Feynman.

Melansir dari laman E-student, dalam metode ini murid yang akan bertindak sebagai guru yang menjelaskan hal yang telah dipelajari kepada orang lain hingga mereka mampu memberikan improvisasi dan memahami materi tersebut. Metode ini baik digunakan dalam hal memorisas dan memahami topik sulit.

Baca Juga: Efek Negatif Strict Parent bagi Perkembangan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Teknik Leitner Sytem

Metode yang dikembangkan oleh Leitner ini menggunakan flashcard dalam penerapannya. Metode ini menggunakan metode pengulangan flashcard. Melasir dari Wikipedia, keuntungan metode ini adalah murid bisa fokus mempelajari bagian yang mereka rasa sulit dengan metode pengulangan tersebut.

Flashcard akan dibagi menjadi beberapa bagian, jika murid bisa menjawab flashcard di bagian satu maka ia akan lanjut ke bagian 2 dan selanjutnya. Jika murid tidak bisa mengerjakan flashcard di bagian yang ia ambil maka ia harus mundur ke bagian selanjutnya. 

Teknik SQ3R

Teknik ini merupakan singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Teknik yang dikembangkan oleh Francis P. Robinson ini merupakan teknik yang bagus digunakan dalam pemahaman membaca textbook bagi mahasiswa.

Kelima tahapan tadi dimulai dari melakukan survey atau skimming, kemudian membuat pertanyaan, membaca materi untuk menemukan jawaban, menjawab pertanyaan seperti memberikan penjelasan pada orang lain, dan yang terakhir memberikan review dengan menggunakan kalimat sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News