HOME

Moms, Ini Daftar Produk Terlaris Belanja Online Selama PPKM Darurat

Moms, Ini Daftar Produk Terlaris Belanja Online Selama PPKM Darurat

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Kenaikan kasus positif covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat pemerintah menetapkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat mulai 3 Juli silam. Kebijakan tersebut diberlakukan karena tingkat antrean rumah sakit semakin panjang dan tingkat kematian semakin tinggi.

Kebijakan PPKM darurat yang kemudian berganti dengan PPKM level 4 tersebut meningkatkan partisipasi publik di rumah. Alhasil, publik  yang berada di rumah itu mulai mencari produk yang dibutuhkan untuk meningkatkan kenyamanan saat berada di rumah.

Hal ini terefleksikan dalam peningkatan jumlah transaksi yang terjadi pada merchant ShopBack pada minggu pertama PPKM (5-11 Juli 2021) bila dibandingkan dengan rata-rata belanja di bulan Mei sebelum lonjakan kasus terjadi.

Baca Juga: Jangan Bingung, Begini Cara Mengatasi Anak yang Sering Mengompol

ShopBack menyoroti, transaksi terbanyak yang naik signifikan ada pada produk kategori kesehatan. Pesanan produk kesehatan tersebut meningkat 3x lipat, sementara produk groceries, elektronik, dan entertainment juga meningkat 2x lipat di masa PPKM. Berikut detailnya;

Produk Kesehatan

Produk kesehatan yang meningkat drastis adalah alat tes medis dan alat bantu medis. Diantaranya adalah produk oximeter yang naik 350x dari biasanya. Seminggu menjelang PPKM, pembelian hand sanitizer juga naik 13x lipat, madu naik 10x lipat, dan jamu meningkat 5x.

Munculnya madu sebagai primadona suplemen berbahan alami di tahun ini juga menunjukkan perubahan tren di masyarakat. Pada masa awal pandemi April 2020, ShopBack mencatat kenaikan pembelian hanya terjadi pada produk jamu, yaitu sebesar 3x lipat.

Di minggu yang sama, suplemen penambah imun meningkat 14x dan minyak kayu putih meningkat 7x lipat. Bagaimana dengan vitamin C? Pembelian produk ini bahkan sudah lebih dulu melonjak tiga minggu sebelum PPKM, dengan peningkatan transaksi sebesar 54x lipat.

Baca Juga: Tipe Kulit Berminyak Tak Perlu Pakai Pelembab? Simak Penjelasannya

Dalam kategori kesehatan, bisa dilihat bahwa kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan kini semakin tinggi dibanding masa awal pandemi. Mereka tidak saja fokus pada pencegahan dengan menjaga imun, tapi terus mawas diri dengan membeli peralatan bantu medis yang bisa menjadi indikator ketika kondisi tubuh menurun.

Alat rumah tangga (groceries)

Produk alat rumah tangga atau groceries juga meningkat dua minggu sebelum PPKM dengan puncak peningkatan sebesar 2x lipat pada masa PPKM. ShopBack juga mencatat kenaikan transaksi hingga 4x lipat dari toko groceries resmi pada e-commerce sejak tiga minggu sebelum PPKM.

Produk yang penjualannya naik pesat sejak dua minggu sebelum hingga masa PPKM adalah: sabun mandi antiseptik, popok bayi, susu segar dan pasteurisasi, sayur dan buah-buahan, produk pembersih luar rumah, dan puncaknya pada masa PPKM adalah produk sanitasi tangan dan beras.

Jenis produk yang meningkat terbagi tiga: yang merupakan kebutuhan sehari-hari yang habis dimakan, produk kebersihan dan sanitasi untuk pencegahan penyebaran virus, dan produk bayi.

Elektronik dan produk entertainment

Pemberlakuan PPKM juga meningkatkan keinginan konsumen menciptakan suasana rumah senyaman dan seaman mungkin kembali muncul. Tiga minggu menjelang PPKM, penjualan air purifier meningkat sampai 8x lipat. Tidak hanya itu, peralatan elektronik rumah tangga lainnya juga meningkat sangat pesat, seperti stand mixer yang terjual 198x lebih tinggi, rice cooker yang terjual 62x lebih tinggi, dan setrika yang terjual 55x lebih tinggi.

ShopBack juga mencatat kenaikan penjualan produk entertainment dan home and living dua minggu menjelang PPKM, dan puncaknya, pembelian meningkat hingga 2x lipat pada masa PPKM. Seminggu sebelum PPKM, penjualan produk elektronik juga naik 2x lipat, dengan kenaikan produk terlaris adalah smart devices yang terjual 29x lebih tinggi.

Pembelian handphone dan tablet juga naik 1,4x lipat. Momen ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru yang dimulai di pertengahan Juli, di mana para pelajar harus kembali belajar online. Lalu bagaimana cara konsumen mengisi waktu dan menghibur diri semasa PPKM berjalan? ShopBack mencatat, permintaan produk digital naik 1,26x, menunjukkan kebutuhan data internet yang naik, lalu produk tools dan home improvement naik 3x lipat, dan yang paling menarik, ternyata minat baca konsumen juga meningkat.

Baca Juga: Catat 3 Rekomendasi Vacuum Cleaner Cordless untuk Bersih-Bersih Rumah

Tercatat pembelian produk Literatur dan Novel meningkat 19x lipat pada masa PPKM. Namun demikian, produk gaming (video dan board game) yang meningkat 5x lipat pada masa awal pandemi April 2020 tidak muncul secara signifikan dalam masa PPKM.

“Menurut analisis kami, keinginan konsumen untuk menciptakan suasana senyaman mungkin di rumah bukan lagi fase adaptasi, tapi lebih sebagai reassurance. Sesuatu yang dilakukan untuk menentramkan hati di tengah situasi yang masih tidak menentu. ShopBack memproyeksikan kenaikan transaksi pada beberapa kategori kunci ini masih akan terus terjadi selama beberapa waktu ke depan, mengikuti perkembangan terkini kasus COVID-19 di Indonesia,”  kata Galuh Chandra Kirana, Country General Manager ShopBack Indonesia dalam siaran pers, Rabu (28/7).

Baca Juga: 3 Ide Membuat Hidangan Berbahan Dasar Tepung Menjadi Makanan Khas Spanyol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News