Bugar

Moms, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama Masa Kehamilan

Moms, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata Selama Masa Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Cara menjaga kesehatan mata selama masa kehamilan perlu dilakukan. Sebab, gangguan mata rentan dialami oleh ibu hamil.

Untuk itu, sangat diperlukan memeriksakan kesehatan mata saat merencanakan kehamilan, saat hamil hingga setelah persalinan.

Mengutip Pregnant Education, ada beberapa gangguan mata yang rentan dialami oleh ibu hamil, seperti mata kering, pandangan terbayang, penglihatan ganda dan sensitif pada cahaya.

Untuk menurunkan risiko gangguan mata, ada berbagai cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan seperti dilansir dari Pregnant Education berikut:

Baca Juga: 5 Kondisi yang Menyebabkan Keguguran Berulang

1. Periksakan mata secara rutin

Cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang pertama dengan periksa mata secara rutin. 

Anda perlu menginformasikan pada dokter mata mengenai kehamilan yang sedang dijalankan. Dengan begitu, dokter bisa memberikan obat atau vitamin yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Periksakan kadar gula darah

Cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang kedua adalah periksa kadar gula darah. Ibu hamil rentan mengalami hiperglikemia yang berisiko memicu gangguan mata.

Untuk itu, lakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin untuk mencegah gangguan kehamilan dan mata.

3. Konsumsi makanan sehat

Cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang ketiga adalah mengonsumsi makanan sehat. Selain untuk kesehatan janin juga untuk menjaga kesehatan mata.

Cobalah untuk mengonsumsi ikan, sayuran hijau, wortel, kacang-kacangan, daging sapi, dan telur yang memiliki berbagai kandungan sehat untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Apa Itu Spina Bifida pada Bayi? Berikut Penjelasan Lengkapnya

4. Kompres mata

Cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang selanjutnya dengan mengompres mata. Pastikan mengompres dengan kain lembut agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

Jika Anda merasakan tidak nyaman pada bagian mata dan menyebabkan pembengkakan, Anda bisa mengompres bagian mata dengan kompres dingin atau air suhu ruang.

5. Hindari penggunaan lensa kontak

Cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang terkahir adalah menghindari penggunaan lensa kontak. 

Kondisi ini bisa menyebabkan mata menjadi kering dan memicu gangguan mata yang lebih buruk. Pilihlah menggunakan kacamata sementara waktu agar kesehatan mata tetap terjaga.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata selama kehamilan yang bisa Anda lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News