HOME, Bugar

Moms, Ini Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

Moms, Ini Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Moms, apakah anda tahu cara mengatasi kulit wajah kering secara alami? Simak penjelasan dari Momsmoney, yuk!.

Kulit kering adalah kulit yang memiliki tekstur terlihat kasar, pucat, kusam, bersisik, serta kurang elastis. Masalah kulit kering yang biasanya muncul seperti gatal, mudah memerah, dan kulit terasa kasar. Saat mengalami kondisi kulit kering, anda akan merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Mengutip dari Senka.id, Kulit yang kering biasanya dikarenakan oleh beragam faktor, misalnya hormon, keturunan atau genetik, lingkungan, suhu yang ekstrim (terlalu panas/dingin), atau karena salah menggunakan produk perawatan wajah. Supaya masalah kulit kering anda dapat diatasi, maka anda harus tahu cara mengatasi kulit wajah kering dengan tepat.

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kulit wajah yang kering, baca baik-baik, ya!

1. Pentingnya minum air putih

Anda pasti sangat sering mendengarkan manfaat mengonsumsi air putih untuk kesehatan kulit. Itu benar banget! Sebab saat kulit tubuh anda kekurangan air, kulit menjadi bagian tubuh yang paling pertama terkena dampaknya.

Kulit bisa menjadi  kering, kusam, serta lebih mudah iritasi. Hal ini dikarenakan air berperan besar dalam menjaga kelembapan kulit. Jadi, pastikan agar mencukupi kebutuhan air putih sesuai dengan tubuh masing-masing. Dianjurkan anda meminum air putih sebanyak 8 gelas yang setara dengan 2 liter.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung

Anda tahu bahwa sinar matahari memancarkan radiasi UV yang memiliki banyak dampak buruk bagi kulit seperti kulit kering, kusam, memunculkan kerutan halus, bintik hitam pada kulit, tanda-tanda penuaan dini hingga kanker kulit.

Solusinya yaitu gunakan sunscreen dengan SPF 30, anda juga perlu mengaplikasikan ulang setiap 2-3 jam sekali setiap hari agar terhindar dari dampak buruk sinar UV, salah satunya kulit yang menjadi kering dan mudah iritasi.

Baca Juga: Penting! Gunakan Sunscreen Sebelum Keluar Rumah

3. Hindari mandi air hangat setiap hari

Mandi air hangat memiliki manfaat bagi tubuh seperti membuat tubuh menjadi rileks dan menghilangkan rasa pegel pada tubuh. Namun, apabila suhu air yang digunakan terlalu panas, malah justru membuat kulit menjadi semakin kering dan bertekstur. Disarankan anda mandi menggunakan air  dengan suhu normal saja. 

4. Perbanyak makanan kaya antioksidan dan Omega-3

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan Omega-3, kulit akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari kerusakan kulit yang diakibatkan oleh racun atau radikal bebas. Contoh makanan yang mengandung antioksidan dan Omega-3 yaitu buah blueberry, tomat, wortel, salmon, dan kacang-kacangan.

5. Mengonsumsi buah-buahan tinggi serat

Yuk, mulai perbanyak mengonsumsi buah-buahan tinggi serat agar kulit anda selalu sehat. Buah-buahan memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan air, yang sangat baik untuk perawatan kulit dari dalam. Contoh buah-buahan tinggi serat antara lain: stoberi,apel, pir, pisang, raspberry, dan alpukat.

6. Gunakan pelembab udara 

Pelembab udara bisa menjadi cara untuk mengatasi kulit kering. Pelembab udara berfungsi untuk melembabkan udara di seluruh ruangan. Dengan begitu, kulit pun jadi terasa lembap, tidak mudah gatal, tidak iritasi, dan tidak pecah-pecah.

7. Gunakan skincare yang lembut dan melembapkan

Memakai dan mengaplikasikan skincare yang melembapkan, sudah pasti menjadi cara mengatasi kulit wajah kering selanjutnya yang wajib anda lakukan. Dengan begitu, kulit wajah pasti akan tetap terjaga kelembapannya secara optimal.

Namun, tak jarang kita kurang teliti dalam memilih produk skincare tertentu yang kandungannya justru dapat membuat kulit kering menjadi semakin parah. Penggunakan skincare yang salah dapat menyebabkan kulit kering, sehingga disarankan anda harus lebih teliti saat membeli produk skincare yang cocok dengan kulit anda.

8. Gunakan bahan-bahan alami ke kulit anda

Ada baiknya juga anda mengaplikasikan bahan-bahan alami ke kulit yang kering. Bahan-bahan alami tersebut bisa anda gunakan sebagai lulur, scrub atau masker. Bahan yang bisa anda pilih yaitu lidah buaya, oatmeal dan madu dan minyak kelapa.

Nah, itulah cara mengatasi kulit kering wajah secara alami yang bisa anda terapkan sekarang. Jika anda melakukannya secara rutin, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Yuk, mulai jaga kelembapan kulit anda, moms. 

Selanjutnya: Perhatikan! 7 Cara Melebatkan Rambut Kepala Anda Secara Alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News