HOME, Keluarga

Moms, Ini 5 Tips Mendesain Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

Moms, Ini 5 Tips Mendesain Kamar Bayi yang Aman dan Nyaman

MOMSMONEY.ID - Saat menunggu kelahiran buah hati, adakalanya para calon orang tua sudah menyiapkan kamar khusus untuk bayi mereka. Hal ini merupakan langkah yang bagus, sebab kamar tersebut bisa digunakan bertahun-tahun hingga anak sudah besar nanti.

Namun, karena kamar tersebut diperuntukkan pada bayi, maka Anda perlu mempertimbangkan hal-hal tertentu saat mendesain kamarnya supaya aman dan nyaman, baik bagi bayi maupun orang tuanya.

Dilansir dari The Spruce dan Baby Centre UK, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal mendesain kamar bayi atau nursery yang aman dan nyaman.

Baca Juga: 4 Inspirasi Karpet untuk Kamar Anak yang Lucu dan Minimalis

Pastikan kamarnya nyaman

Saat menentukan kamar yang akan digunakan sebagai kamar bayi, Anda harus memastikan kamarnya nyaman bagi bayi maupun orang tuanya.

Misalnya, Anda perlu memastikan kamarnya dekat dengan kamar orang tua sehingga mudah diakses ketika ada keadaan darurat. Selain itu, ada hal-hal lainnya yang perlu Anda perhatikan, seperti  lingkungan di sekitar kamar yang tenang, ventilasi yang optimal, dan tidak ada cahaya silau yang dapat mengganggu bayi.

Konsisten dengan seluruh rumah

Karena kamar bayi merupakan bagian dari rumah, Anda perlu memikirkan desain yang sesuai dan konsisten dengan tema rumah.

Misalnya, jika rumah Anda mengusung gaya minimalis, terapkan gaya tersebut pada kamar bayi Anda. Hal yang sama juga berlaku apabila Anda mengusung gaya lain di rumah, jadi kamar bayi tidak terasa “asing” dan masih tetap terasa sebagai bagian dari rumah Anda.

Desain yang simpel dan timeless

Saat mendesain kamar bayi, wajar bila Anda menginginkan desain yang imut dan menggemaskan. Namun, sebenarnya Anda cukup menggunakan desain ruangan yang simpel supaya timeless dan tidak akan ketinggalan zaman dalam beberapa tahun ke depan.

Pilihlah dekorasi yang sederhana dan mudah disingkirkan, misalnya stiker dinding atau wallpaper sehingga Anda tidak perlu repot-repot membongkar kamar bila anak Anda menginginkan desain kamar yang terkesan lebih dewasa ketika sudah besar.

Baca Juga: 4 Ide Dekorasi Kamar Minimalis ala Korea, Seperti di Film Drakor

Gunakan warna lembut

Saat mendesain kamar bayi, ada baiknya Anda menggunakan warna-warna yang lembut dan netral, misalnya warna pastel atau warna putih. Penggunaan warna lembut dan netral dapat membantu orangtua merasa nyaman ketika beraktivitas di kamar bayi dan memberi kesan menenangkan.

Tak hanya itu, warna netral dan lembut pun mudah diganti atau ditimpa dengan cat lainnya ketika anak sudah besar dan menginginkan warna cat dinding yang lain.

Pertimbangkan keamanan bayi

Karena kamar akan ditempat oleh bayi, Anda perlu mempertimbangkan keamanannya saat berada di kamar.

Misalnya, pasang pengaman di sisi tempat tidur dan letakkan tempat tidurnya jauh dari jendela, lampu, hiasan dinding, dan sumber listrik seperti stopkontak. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menyembunyikan kabel dan menutup stopkontak supaya tidak mudah dijangkau oleh bayi atau anak Anda bila sudah cukup besar.

Selanjutnya: Inspirasi Teras Rumah Minimalis, Bikin Rumah Makin Impresif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News