Bugar

Moms, Ini 5 Tips Diet Sehat Saat Puasa yang Bisa Anda Coba

Moms, Ini 5 Tips Diet Sehat Saat Puasa yang Bisa Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba lakukan.

Puasa bukan hanya momen baik untuk beribadah, tetapi juga kerap dijadikan sebagai cara diet alami. 

Menjaga porsi makan, penuhi asupan cairan, menghindari makan gorengan, dan mencukupi waktu tidur jadi beberapa cara diet sehat saat puasa. 

Anda tetap harus melakukan pola makan seimbang dengan porsi diet yang cukup serta proporsi asupan karbohidrat, lemak, dan protein yang tepat saat sahur dan berbuka. 

Jika hal tersebut diabaikan, makanan yang Anda konsumsi malah justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan. 

Selain itu, menjalani diet saat puasa harus disiplin. Jika tidak, kesempatan untuk menurunkan berat badan dan menjadi lebih sehat akan terbuang sia-sia. 

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah beberapa tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba, antara lain:  

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 4 Cara Ampuh Mencegah Kolesterol Tinggi saat Bulan Puasa

1. Jangan konsumsi banyak gorengan

Tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba pertama adalah jangan mengonsumsi banyak gorengan saat berbuka ataupun sahur. 

Berbuka puasa rasanya memang kurang lengkap jika tidak mengonsumsi gorengan.

Namun, langsung menyantap makanan berminyak saat berbuka akan membuat perutmu jadi bermasalah. 

2. Hindari produk olahan

Tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba kedua adalah menghindari produk olahan dan sebaiknya tidak mengonsumsinya. 

Biasanya makanan yang enak dan bikin ketagihan itu yakni makanan yang banyak mengandung MSG, pemanis buatan, sodium dan lemak. 

Hal inilah yang membuat Anda mudah lapar karena sulit mengontrol keinginan untuk makan-makanan tersebut.  

3. Mengatur porsi makan

Tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba ketiga adalah mengatur porsi makan saat sahur dan berbuka. Berpuasa memang membuat Anda tidak makan dan minum seharian. 

Namun, jika saat berbuka puasa Anda kalap mengonsumsi semua makanan, alih-alih turun, berat badan justru bisa saja naik. 

Baik sahur atau berbuka puasa, disarankan untuk mengonsumsi makanan sewajarnya dan jangan berlebihan. Serta penuhi nutrisi baik untuk tubuh. 

4. Tidur dengan cukup

Tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba keempat adalah penuhi waktu tidur dengan cukup san jangan sering begadang saat melakukan diet saat bulan puasa. 

Kurang tidur akan berdampak pada kacaunya sistem metabolisme, sehingga tubuh tidak mampu membakar cadangan lemak secara efektif. 

Baca Juga: Waspadai! Ini 4 Olahraga yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Selama Berpuasa

5. Makanlah secara perlahan

Tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba terakhir adalah makanlah secara perlahan. Banyak orang kalap saat menyantap hidangan berbuka. 

Begitu waktu berbuka tiba, mereka cenderung melampiaskannya dengan makan banyak dalam waktu dekat. Secara tak sadar, mereka sudah makan dengan porsi yang tak terkendali. 

Selain menerapkan tips diet sehat di atas, Anda juga harus melakukan olahraga dalam intensitas ringan hingga sedang, seperti yoga, bersepeda statis, dan lain-lain. 

Hindari olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan karena tubuh akan mengeluarkan banyak tenaga. Anda pun berisiko kehilangan banyak cairan tubuh dan lemas akibat dehidrasi. 

Itulah beberapa tips diet sehat saat puasa yang bisa Anda coba. Anda juga harus menunjang kesehatan selama berpuasa dengan mengonsumsi suplemen yang dibutuhkan tubuh.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News