Bugar

Moms, Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Moms, Ini 5 Makanan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

MOMSMONEY.ID - Makanan pelancar ASI perlu untuk dikonsumsi ketika Anda sedang masa menyusui untuk membantu proses keluarnya ASI.

Hal ini penting agar si kecil terpenuhi nutrisinya, terlebih ketika Anda berencana memberikan ASI eksklusif untuk buah hati.

Agar ASI eksklusif berjalan dengan lancar, ada baiknya Anda mengetahui berbagai makanan pelancar ASI.

Jangan sampai rencana menyusui berhenti di tengah jalan karena ASI yang tidak mengalir dengan deras dan malah menimbulkan masalah lainnya.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah 4 Cara Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan Dada

Simak selengkapnya di sini makanan pelancar ASI lainnya yang patut dikonsumsi seperti dilansir dari Pregnant Education, berikut ini: 

Edamame

Makanan pelancar ASI yang pertama adalah edamame. Edamame atau kedelai Jepang kaya kandungan protein nabati.

Edamame juga mengandung zat besi, mangan, vitamin K, asam folat, riboflavin, vitamin C, magnesium, kalium dan fosfor.

Wortel

Makanan pelancar ASI yang kedua adalah wortel. Wortel tidak hanya bisa membantu meningkatkan produksi ASI melainkan juga kaya akan vitamin A, sehingga menjaga kualitas produksi ASI.

Anda bisa mengonsumsi wortel dengan cara dimakan mentah, mencampurkan dalam salad, atau dikonsumsi sebagai jus. 

Bayam

Makanan pelancar ASI yang ketiga ini tentunya banyak ditemukan. Tak hanya itu, menyantapnya pun bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan keluarga.

Bayam hijau ini kaya akan kandungan zat besi, vitamin B6, asam folat, thiamin, ribloflavin, protein, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A, kalium hingga vitamin C, E dan K.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Mitos Tentang Menyusui

Ikan salmon

Ikan salmon juga termasuk makanan pelancar ASI yang patut dikonsumsi. Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial atau EFA, yang membantu produksi ASI.

Kandungan sehat dari ikan salmon juga membuat ASI lebih bergizi untuk anak. Busui bisa mengolah salmon dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. 

Tahu

Tahu adalah makanan super yang mengandung mineral, vitamin, kalsium, dan banyak protein. Tahu sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang dapat membantu melancarkan ASI.

Membuat tumisan dengan tahu, lentil, dan sayuran berdaun hijau dapat membuat busui memiliki diet seimbang serta meningkatkan vitalitas ibu.

 Itulah beberapa makanan pelancar ASI yang bisa Anda konsumsi secara rutin selama proses menyusui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News