HOME, Keluarga

Moms, Ini 4 Kesalahan Saat Memasak Kue yang Harus Dihindari

Moms, Ini 4 Kesalahan Saat Memasak Kue yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Memasak kue perlu ketelitian & pengalaman. Pasalnya, meski sedikit kesalahan yang dilakukan, terkadang akan berpengaruh besar bagi kue yang dihasilkan.

Sayangnya, para pemula kurang mengetahui letak kesalahan dalam membuat kue. Untuk meminimalisir terbuangnya bahan-bahan akibat kue yang dibuat gagal, MomsMoney akan memberi anda beberapa langkah yang baik agar terhindar dari kesalahan dalam memasak kue.

Melansir dari Pondan, berikut 4 kesalahan dalam memasak kue yang harus dihindari, selengkapnya!

Baca Juga: Promo Hokben 14-17 Oktober 2021, Super Bowl New dan Oishii Rp 30.000-an

Salah ikuti intruksi

Terkadang, beberapa pemula sering kurang memperhatikan intruksi pada resep yang akan dibuat. Akibatnya, ada beberapa tahap dalam membuat kue yang tidak diikuti dengan benar, contohnya saat membuat adonan.

Sebaiknya, anda baca resep dan coba pahami sebelum langsung memasak. Hal-hal detail lainnya yang perlu diperhatikan meliputi takaran bahan & waktu. Ini perlu dipahami karena memasak kue tidaklah sesimpel memasak makanan biasa.

Dalam membuat kue, ada beberapa adonan yang memang diwajibkan untuk dikocok kasar, ada pula yang dikocok hingga halus. Perhatikan dulu jenis kue apa yang ingin anda buat agar meminimalisir kesalahan kecil seperti ini.

Baca Juga: Resep Ayam Madu Korea, Ayam Super Empuk dengan Bumbu Meresap Sampai ke Dalam

Ukuran loyang & kue yang tidak seimbang.

Sponge Cake

Pahami bahwa kue tidak dapat berkembang dalam loyang yang terlalu kecil.

Adonan kue ketika dipanaskan akan mengembang. Agar dapat mengembang dengan baik, maka dibutuhkan loyang yang sesuai dengan adonan yang ingin dibuat.

Pemilihan ukuran loyang yang terlalu kecil dapat mengakibatkan kue tidak mengembang sempurna. Alhasil, kue menjadi bantat dan mudah gosong.

Ukuran loyang juga tidak boleh terlalu besar. Lagi-lagi, anda harus bisa menyesuaikan adonan & loyang yang pas & tidak berlebihan.

Loyang yang terlalu besar akan membuat bentuk kue menjadi tidak beraturan. Pengaturan suhu juga jadi lebih sulit dilakukan akibat ukuran yang berbeda.

Baca Juga: Yuk, Cobain Resep Praktis Ayam Krispi Sambal Matah!

Memanaskan oven sebelum adonan dipanggang

Agar kue terhindar dari kesalahan dalam memasak, anda wajib mengikuti langkah yang satu ini! Anda bisa memanaskan oven sebelum adonan siap dipanggang.

Memanaskan oven wajib dilakukan agar bahan pengembang kue dalam adonan bisa langsung berkembang saat terkena panas. Jika oven tidak panas, maka kue akan sulit mengembang karena bahan pengembang kue mati.

Kue yang bantat bisa dihasilkan karena kesalahan yang satu ini.

Baca Juga: Simak! Ini 4 Jenis Pisau untuk Mengolah Daging

Jangan terlalu sering membuka panci

Dalam proses membuat kue, kesalahan terbesar yang bisa terjadi adalah adonan yang tidak matang merata. Tidak meratanya adonan yang dimasak bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya terlalu sering buka-tutup panci kukus/oven.

Membuka tutup panci kukus/oven sesekali memang wajib, untuk mengukur tingkat kematangan. Namun, jika terlalu sering dilakukan, maka akan membuat suhu menurun & jadi tidak konsisten.

Selanjutnya: Sponge Cake & Chiffon Cake, Apa Perbedaan Keduanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News